Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

PAN Benarkan Zulhas Usulkan Soetrisno Bachir Jadi Menteri

Senin 13 Sep 2021 18:10 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan

Viva Yoga Mauladi

Viva Yoga Mauladi

Foto: Republika/Bayu Adji P
PAN Benarkan Pernyataan Zulkifli Hasan Usulkan Soetrisno Bachir Masuk Kabinet Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi, membenarkan Zulkifli Hasan mengusulan Dewan Kehormatan PAN, Soetrisno Bachir, untuk masuk ke kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo. Viva mengatakan, berdasarkan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas), Ketua Umum PAN punya kewenangan terkait hal tersebut.

"Kalau sumbernya dari ketua umum PAN, Bang Zul, hal itu pasti benar. Iya betul," kata Viva kepada Republika.co.id, Senin (13/9). 

Baca Juga

Viva mengatakan, salah satu hasil rapat kerja nasional (rakernas) yaitu menyetujui bahwa PAN berada di barisan partai koalisi pemerintah.  "Dan semua keputusan tentang dinamika politik, termasuk proses penentuan pasangan calon presiden/ wapres diberikan kewenangan kepada ketum PAN," ujarnya. 

Sebelumnya Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa dirinya mengusulkan Dewan Kehormatan PAN Sutrisno Bachir untuk bisa menjadi masuk dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Zulkifli mengaku pernah menyampaikan hal tersebut langsung kepada Presiden Jokowi dalam sebuah pertemuan.

"Memang pernah satu pertemuan saya menyampaikan karena ada Dewan Kehormatan PAN namanya mas Tris (Soetrisno Bachir) itu dulu tim sukses pak Jokowi, dulu ketua KEIN (Ketua Ekonomi dan Industri Nasional). Kalau memungkinkan saya memang nitip gitu, apa saja (posisinya)," kata Zulkifli dalam wawancaranya dengan Karni Ilyas di kanal resmi Youtube miliknya , Senin (13/9). 

Dalam wawancara tersebut, awalnya Zulkifli mengaku belum ada pembicaraan soal posisi menteri saat PAN memutuskan bergabung dengan pemerintah. Dirinya juga mengaku tidak menyodor-nyodorkan kadernya agar bisa duduk di pemerintahan. Namun saat ditanya posisi menteri apa yang diinginkan oleh PAN, Zulkifli justru menyinggung nama Soetrisno Bachir. 

"Mas Tris sebagai tim sukses Pak Jokowi pada waktu itu bisa kembali diperankan apapun, terserah," ujarnya. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA