Senin 13 Sep 2021 17:29 WIB

Hamilton dan Verstappen Saling Menyalahkan

Keduanya mengalami tabrakan.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Pembalap Mercedes Lewis Hamilton dari Inggris bertabrakan dengan pembalap Red Bull Max Verstappen dari Belanda selama Grand Prix Formula Satu Italia, di arena pacuan kuda Monza, di Monza, Italia, Ahad (12/9).
Foto: AP/Luca Bruno
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton dari Inggris bertabrakan dengan pembalap Red Bull Max Verstappen dari Belanda selama Grand Prix Formula Satu Italia, di arena pacuan kuda Monza, di Monza, Italia, Ahad (12/9).

REPUBLIKA.CO.ID, MONZA -- Dua pembalap yang tengah bersaing merebut gelar juara Formula 1, Lewis Hamilton dan Max Verstappen saling menyalahkan atas tabrakan Grand Prix Italia, Ahad (12/9). Hamilton dan Verstappen terpaksa keluar dari Seri Monza menyusul tabrakan dramatis saat mereka memperebutkan posisi di chicane pertama.

Juara dunia tujuh kali, Hamilton, berusaha mempertahankan posisinya saat ia keluar dari pitlane ketika pasangan itu melaju menuju tikungan pertama.

Verstappen berusaha untuk melewati bagian luar Hamilton dan mengambil garis dalam ke tikungan kedua, tetapi melompati trotoar dan mobilnya meluncur di atas Mercedes Hamilton.Kedua pembalap akhirnya terdampar di gravel trap di pintu keluar chicane pertama, dengan mobil Verstappen terjebak di atas mobil Hamilton.

Insiden tersebut, yang sedang diselidiki oleh steward, menyusul momen bantingan roda di lap pertama saat keduany memperebutkan tempat kedua di chicane kedua.

Hamilton mundur pada kesempatan itu dan terpaksa melewatkan run-off, dan pembalap Inggris itu merasa Verstappen seharusnya bereaksi dengan cara yang sama dalam tabrakan mereka nanti.

"Skenario yang persis sama yang terjadi di tikungan keempat di mana saya berputar di luar, berada di posisi yang persis sama, tetapi saya menyerah, dan itulah balapan," kata Hamilton kepada Sky Sports, dikutip Senin (13/9).

“Dia (Verstappen) hanya tidak ingin menyerah hari ini dan dia tahu memasuki tikungan medua apa yang akan terjadi. Dia tahu bahwa dia akan melewati trotoar tetapi dia masih melakukannya," kata Hamilton menambahkan.

Hamilton yakin dia memberikan ruang yang cukup untuk Verstappen dan mengaku terkejut dengan tabrakan itu.

“Saya memastikan saya memberikan jarak mobil di luar untuknya dan jelas di depan. Saya berada di depan menuju tikungan kedua dan kemudian tiba-tiba dia berada di atas saya," kata Hamilton.

Ada versi  yang berbeda dari kubu Red Bull, dengan Verstappen segera datang melalui radio tim untuk mengatakan: “Itulah yang terjadi ketika Anda tidak tak memberikan ruang," ujarnya.

Berbicara kepada Sky setelah balapan, pembalap asal Belanda itu meradang. “Dia (Hamilton) sudah memotong di garis putih dan saya harus pergi ke bagian hijau untuk tidak menyentuh dan pergi ke luar.  Tentu saja dia menyadari bahwa saya akan melakukannya, jadi dia terus menekan saya dan saya ingin melewatinya," ujar Verstappen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement