Senin 13 Sep 2021 14:57 WIB

KSAL: TNI AL Sudah Vaksin 1 Juta Orang di Indonesia

TNI AL memiliki program Vaksinasi Covid-19 Masyarakat Maritim sejak 23 Juni lalu.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.
Foto: Dispenal
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan, TNI AL sudah memvaksin kurang lebih 1 juta orang di Indonesia per 12 September 2021, dengan tujuan agar terciptanya herd immunity di masyarakat.

"Kita sudah mulai lakukan vaksinasi bagi masyarakat dengan program Vaksinasi Covid-19 Masyarakat Maritim sejak 23 Juni lalu, dan hingga saat ini sudah ada sekitar 1 juta masyarakat di Indonesia yang sudah divaksin," kata Yudo di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (13/9).

Yudo mengatakan, jumlah orang yang divaksin itu tersebar mulai Sabang sampai Merauke. Dia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tidak hanya dilakukan oleh TNI AL saja, melainkan juga melibatkan pemerintah daerah dan Polri.

"Sasarannya kepada masyarakat di wilayah pesisiran seperti di pelabuhan perikanan, pelabuhan umum serta pulau-pulau terpencil," ujar Yudo. Untuk mencapai ke sejumlah daerah pesisir, sambung dia, personel TNI AL menggunakan sarana prasarana yang ada seperti KRI.

Selain itu, juga membawa personel tenaga kesehatan sendiri. Kebijakan itu dilakukan untuk mempercepat vaksinasi masyarakat. "Jika pemerintah daerah di darat maka TNI AL lakukan di kawasan pesisir, dengan tujuan agar semua masyarakat bisa dijangkau," ujar Yudo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement