Saturday, 29 Rabiul Akhir 1443 / 04 December 2021

Saturday, 29 Rabiul Akhir 1443 / 04 December 2021

Mata Bengkak Jadi Pertanda Sakit Ginjal Kronis

Selasa 14 Sep 2021 05:45 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

Banyak penderita sakit ginjal kronis tidak menyadari kondisinya.

Foto:
Banyak penderita sakit ginjal kronis tidak menyadari kondisinya.

Lawson menekankan bahwa ginjal memainkan salah satu peran paling penting dalam mempertahankan hidup. “Sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan ginjal, jika Anda telah mengamati mata bengkak dan gejala lain akhir-akhir ini, untuk mendiagnosis masalah ginjal pada tahap awal,” ujar Lawson.


4. Penyakit ginjal dapat menyebabkan konsekuensi jangka panjang yang serius
Menurut Lawson, beberapa penyakit ginjal dapat diobati, tetapi diagnosis dini adalah satu-satunya hal yang akan mengurangi komplikasi. "Penyakit ginjal pada tahap awal dapat diobati, (tetapi) jika ada penyakit ginjal yang mencapai stadium lanjut, itu bisa menjadi situasi yang mengancam jiwa Anda," kata dia.

Mayo Clinic mengatakan bahwa penyakit ginjal kronis dapat mempengaruhi hampir setiap bagian tubuh, yang mengakibatkan konsekuensi jangka panjang serius. Ini termasuk penyakit jantung, komplikasi kehamilan, penurunan respon imun, dan anemia. Anda juga dapat mengalami kerusakan permanen pada ginjal, setelah penyakit berkembang cukup jauh tanpa pengobatan, sehingga mengharuskan  untuk menjalani dialisis atau transplantasi ginjal, untuk bertahan hidup.

"Jika ginjal Anda tidak bekerja dengan baik, semua bahan limbah akan mulai terakumulasi dalam darah Anda dan membuat Anda sangat sakit,” ujar Lawson.

Konsekuensi jangka panjang yang terkait dengan ini adalah tekanan darah tinggi, tulang lemah, sesak napas, jumlah darah rendah, kerusakan saraf, dan masalah jantung. Jika telah mengamati tanda-tanda awal penyakit ginjal, Anda harus segera mendapatkan pengobatannya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA