Senin 13 Sep 2021 10:50 WIB

Lesbumi PCNU Pamekasan Rumuskan Sembilan Iktikad Kebudayaan

Sembilan Iktikad Kebudayaan merupakan cara Lesbumi PCNU Pamekasan satukan pandangan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
  Ketua Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (LESBUMI) PBNU .
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ketua Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (LESBUMI) PBNU .

IHRAM.CO.ID, PAMEKASAN -- “Sembilan Iktikad Kebudayaan” dirumuskan Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan di Gardu Budaya Manifesco, Pamekasan, Jawa Timur pada Sabtu (11/9).

"Sembilan Iktikad Kebudayaan merupakan cara Lesbumi PCNU Pamekasan untuk menyatukan pandangan penggerak budaya dan tradisi lokal, khususnya di Pamekasan,"kata Ketua Lesbumi PCNU Pamekasan, Ahmad Kekal Hamdani.

Baca Juga

 

Sejak dibentuknya, menurut dia, Lesbumi NU merupakan suatu lembaga yang tidak lahir dan tumbuh di ruang hampa sejarah. Seluruh dinamika Lesbumi merupakan respon pelaku kebudayaan dari kalangan NU untuk menghadapi kegentingan dan gesekan budaya.

“Sebagai lembaga yang dimandati oleh PCNU Pamekasan untuk menangani kebijakan NU di bidang seni budaya, kami rasa perlu untuk menyatukan pandangan menyikapi dinamika seni dan kebudayaan di Pamekasan,” ujar Hamdani kepada Republika.co.id, Ahad (12/9).

Dia menjelaskan, “Sembilan Iktikad kebudayaan” yang dirumuskan bersama Pengurus Lesbumi PCNU Pamekasan tersebut berpijak pada Tujuh Strategi Budaya Lesbumi NU, acuan kerja Pengurus Harian  PCNU Pamekasan, serta “Sikap Kebudayaan Lesbumi” yang pernah dicetuskan dalam Muktamar Kebudayaan NU I di Yogyakarta pada 2010.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement