Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Web Google Search Kini Miliki Tema Gelap

Senin 13 Sep 2021 09:54 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Google Search mode gelap.

Google Search mode gelap.

Foto: republika/idealisa
Tema gelap sekarang tersedia untuk semua Google Search di desktop.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk merilis mode gelap yang lebih menarik di web. Tema Gelap (Dark theme) untuk Google Search akhirnya hadir di web tanpa ekstensi tambahan.

Dilansir dari Pocket Lint, Senin (13/9), konfirmasi resmi dari mode gelap untuk browser web paling populer di dunia pertama kali muncul pada 2019. Tetapi implementasinya terbatas pada pengguna Android, pengguna aplikasi Google atau mereka yang beruntung secara acak yang menerima permintaan di halaman pencarian mereka yang menanyakan apakah mereka ingin mengaktifkan versi eksperimental tema Gelap.

Baca Juga

Karyawan Google yang terverifikasi Hung F. memposting di blog dukungan Google. “Manajer Dukungan Produk” memberi tahu pengguna bahwa tema gelap sekarang tersedia untuk semua Google Search di desktop.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan Tema Gelap di Google? Untuk mengaktifkannya, cukup ketuk ikon roda gigi yang muncul di sudut kanan atas layar setelah pengguna melakukan pencarian. Di bagian bawah menu itu, pengguna akan melihat sakelar untuk “tema Gelap: mati”.

Cukup ketuk ini dan pengguna akan melihat halaman web berubah secara instan. Pengguna dapat mencoba mencari melalui Pengaturan, menemukan Pengaturan Pencarian (Search Settings), lalu mengetuk Penampilan (Appearances) sebelum mengalihkan tema pencarian ke “Gelap”.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA