Saturday, 29 Rabiul Akhir 1443 / 04 December 2021

Saturday, 29 Rabiul Akhir 1443 / 04 December 2021

Getaran Sepeda Motor Bisa Turunkan Kinerja Kamera iPhone

Ahad 12 Sep 2021 16:29 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Ponsel iPhone / Ilustrasi

Ponsel iPhone / Ilustrasi

Foto: Flickr
Paparan getaran amplitudo tinggi bisa menurunkan kualitas gambar atau video.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Sebuah posting baru di forum Apple Support mengatakan mengekspos iPhone ke getaran tinggi, khususnya yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor beramplitudo tinggi dapat menurunkan sistem kamera perangkat. Perusahaan merekomendasikan untuk tidak memasang iPhone di sepeda motor. Sebab, getaran dapat ditransmisikan melalui setang dan sasis sepeda.

Berikut penjelasan teknis dari Apple, dilansir dari The Verge, Ahad (12/9). Jika Anda tidak sengaja menggerakkan kamera saat mengambil gambar, gambar yang dihasilkan bisa buram. Untuk mencegah hal ini, beberapa model iPhone memiliki optical image stabilization (OIS).

Baca Juga

Pertama, OIS memungkinkan Anda mengambil foto yang tajam bahkan jika Anda tidak sengaja memindahkan kamera. Dengan OIS, giroskop merasakan bahwa kamera bergerak. Untuk mengurangi gerakan gambar dan keburaman yang dihasilkan, lensa bergerak sesuai dengan sudut giroskop.

Selain itu, beberapa model iPhone memiliki autofokus loop tertutup (AF). Kedua, AF loop tertutup menahan efek gravitasi dan getaran untuk mempertahankan fokus yang tajam dalam foto, video dan panorama. Dengan AF loop tertutup, sensor magnetik terpasang mengukur gravitasi dan efek getaran serta menentukan posisi lensa sehingga gerakan kompensasi dapat diatur secara akurat.

Seperti produk elektronik yang mencakup sistem seperti OIS, paparan langsung jangka panjang terhadap getaran amplitudo tinggi dalam rentang frekuensi tertentu dapat menurunkan kinerja sistem ini dan menyebabkan penurunan kualitas gambar untuk foto dan video.

“Disarankan untuk menghindari iPhone Anda terkena getaran amplitudo tinggi berkepanjangan,” ujar Apple.

iPhone 6s, iPhone 6s Plus dan semua iPhone sejak iPhone 7 memiliki stabilisasi gambar optik dan autofokus loop tertutup. Kedua fitur juga rentan terhadap gangguan magnetik dari beberapa aksesori iPhone, Apple memperingatkan awal tahun ini, tetapi melepas aksesori harus mengatasi masalah itu.

Selain itu di postingan tersebut, Apple mengatakan jika Anda berencana memasang iPhone ke skuter, disarankan untuk menggunakan dudukan peredam getaran untuk mengurangi risiko pada ponsel dan sistem kameranya. Hindari penggunaan iPhone dalam waktu lama ke kendaraan yang menghasilkan getaran dengan amplitudo lebih rendah juga merupakan ide yang baik.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA