Ahad 12 Sep 2021 10:18 WIB

900 Ribu Warga Tangerang Sudah Vaksinasi Covid-19

Saat ini, sekitar 78 persen dari target vaksinasi Covid-19 Kota Tangerang tercapai.

Rep: Eva Rianti/ Red: Nora Azizah
Saat ini, sekitar 78 persen dari target vaksinasi Covid-19 Kota Tangerang tercapai.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Saat ini, sekitar 78 persen dari target vaksinasi Covid-19 Kota Tangerang tercapai.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap warga Tangerang untuk dapat mencapai kekebalan kelompok (herd immunity). Data Pemkot Tangerang mencatat, jumlah warga yang sudah divaksin Covid-19 mencapai hingga lebih dari 900 ribu jiwa. Angka itu menunjukkan capaian vaksinasi di Kota Tangerang sekitar 78 persen dari target sebanyak 1,17 juta jiwa.

“Pemkot Tangerang bekerjasama dengan segenap unsur di Kota Tangerang telah melakukan vaksinasi kepada sebanyak 923.963 orang untuk vaksin dosis satu dan sebanyak 566.107 orang telah menerima vaksin dosis kedua,” ujar Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah dalam keterangannya, dikutip Ahad (12/9).

Baca Juga

Arief menuturkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Tangerang tengah digenjot dengan terus menambah jumlah orang yang divaksin per harinya. Diketahui, jumlah warga Kota Tangerang yang divaksin tembus angka 40 ribu per harinya.

“Cakupan vaksinasi tembus di angka 40 ribuan dalam satu hari, melebihi target yang sebelumnya hanya 25 ribu sampai 30 ribu, ini merupakan rekor tertinggi dilakukan teman-teman nakes (tenaga kesehatan) di Kota Tangerang dan juga dukungan TNI dan Polri,” kata dia.

Hal itu tercapai seiring dengan dilaksanakannya bulan vaksinasi atau gebyar vaksinasi yang diprogramkan oleh Pemkot Tangerang. Bulan vaksinasi dilakukan di 1.017 RW se-Kota Tangerang dengan menargetkan 30 ribu dosis per harinya selama satu bulan penuh pada September 2021.

“Pelaksanannya kita lakukan di RW-RW agar masyarakat yang akan vaksinasi bisa lebih mudah menjangkaunya. Kita lakukan sweeping ke RW-RW memastikan masyarakat setempat sudah melakukan vaksinasi yang bertujuan untuk membangun kekebalan komunal,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin menyampaikan, pihaknya terus menggandeng berbagai pihak dalam pelaksanaan vaksinasi. Upaya itu dinilai membuahkan hasil, dia mengklaim adanya penurunan kasus Covid-19 yang signifikan di wilayah tersebut.

“Secara garis besar angka kasus Covid-19 di Kota Tangerang sudah mengalami penurunan yang signifikan,” tuturnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tangerang, per 11 September 2021, kasus Covid-19 di Kota Tangerang bertambah 20 menjadi 29.206 kasus. Terjadi penambahan angka kesembuhan sebanyak 29 orang menjadi 28.161 orang, sementara terjadi penurunan konfirmasi dirawat sebanyak 10 menjadi 567 orang. Data juga menunjukkan ada penambahan satu kasus, sehingga total orang meninggal akibat Covid-19 menjadi 478 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement