Sabtu 11 Sep 2021 22:58 WIB

Didi Riyadi, Aktor Kondang yang Senang Bisnis Properti

Begini perjalanan hidup dan karier Didi Riyadi, drumer band Element.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati

Tampan, jago akting, piawai bermusik, dan kini menjadi entrepreneur. Demikian sosok Didi Riyadi alias Rahmat Riyadi yang dikenal masyarakat tanah air sejak dulu. 

Terjun ke industri hiburan sejak tahun 90-an, ia telah menuai sukses sebagai model, aktor, dan juga drumer dari band kawakan Indonesia, Element. 

Mewarisi darah blasteran Pakistan-Indonesia, Didi merupakan putra sulung dari pasangan Farida Saleh dan Ahmad Widodo. Adiknya, Tahir Hadiwijoyo juga dikenal sebagai musisi yang tergabung dalam grup vokal Tangga. 

Baca Juga: Kilas Balik Sheila on 7, Band Idola Era 90-an yang Bisa Bikin Kamu Kangen Masa Lalu

Film Didi Riyadi

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Didi Riyadi (@didiriyadi_official)

Sebagai aktor, Didi telah menjajaki kariernya dengan cemerlang. Tak hanya pernah membintangi film layar lebar dengan skill akting tingkat tinggi. Ia juga dikenal luas sebagai pemain sinetron dan film televisi. 

Sejumlah film layar lebar yang pernah dilakoninya antara lain ialah Sebelah Mata (2008), Wanita Tetap Wanita (2013) dan Beauty and the Best (2016).  Selain itu, ia juga pernah bermain dalam Jin dan Jun, Didi si Pembalap (1999), Dewi Fortuna (2000), Aladin dan Sejuta Rasa Sayang (2001). 

Para pemirsa televisi milenial tentu sudah tak asing dengan akting Didi dalam sinetron Mencintaimu, Tersanjung 6, Cowok Cowok Keren, dan Bahasa Bibir. Ia juga pernah melakoni Kawin Gantung 1 dan Kawin Gantung 2, Kehormatan, Artis Masuk Desa, Celana Bulu Jin, Karissa, Khanza (2008), Alisa, Baghdad, Jiran, serta Cinta Ramadhan dan Ramona. 

Untuk ranah FTV, Didi ikut bermain dalam sekian judul seperti Cinta Setengah Waras, Trio Bebek, 5 Kunci Surga, dan Cinta Kena Tilang. Berbagai sinetron dan FTV yang pernah in pada zamannya tersebut bergantian tayang di stasiun-stasiun TV swasta tanah air.

Didi Riyadi, Element

Di tahun 1999, Didi bersama sejumlah rekan modelnya membentuk band mereka yang dinamakan Element. Di bawah naungan label Warner Music Indonesia, RANS, GP Records, Universal Records, G&P Records, EMI, dan LMN Records, grup musik yang satu ini berjaya di era milenium.

Mengusung genre pop/rock, formasi Element ini terbilang unik. Selain diperkuat dengan hadirnya Didi pada drum serta mendiang Ronny Setiawan dan Lucky Widja pada vocal, rekan-rekan lainnya juga pernah berprofesi sebagai model (majalah Aneka Yess).

Hingga kini Element masih terdiri dari Lucky Widja, Ferdy Tahier, Fajar Maringka, Adhitya Pratama, Arya Prasetyo, dan Didi Riyadi. Adapun mantan member yang mereka ialah almarhum Ronny Setiawan, Ali Zainal, dan Gibran Aziz.

Walaupun sempat diterpa isu berada di ambang kehancuran, namun nyatanya album terakhir Element sukses besar. Album Save the Best for Last yang rilis tahun 2014 telah menembus penjualan multi-platinum.

Sebelumnya, Element pernah meluncurkan berbagai karya apik seperti Hanyalah Cinta di tahun 2000. Kemudian di tahun 2001 mereka kembali merilis Kupersembahkan Nirwana yang disusul dengan Paradoks (2002).

Didi bersama Element lalu mengeluarkan Album Perjalanan 1999-2003 di tahun 2003. Pada tahun-tahun berikutnya, Element terus menelurkan karya mereka, seperti Dialog (2004), Resonansi (2005), Neo Resonansi (2006), serta Terang (2008) dan Save the Best for Last enam tahun lalu.

Selain itu, Element diingat lantaran partisipasi mereka di ranah sosial. Didi dan Element diketahui pernah mendukung gerakan anti narkoba dalam Yayasan Cinta Anak Bangsa. Mereka juga memberi sokongan kepada Yayasan Cinta Kita yang giat bergerak dalam ranah pengasuhan anak.

Baca Juga: ‘Alamat Palsu’ Jadikan Ayu Ting Ting Artis Sukses, Ini Kisah Perjalanannya

Luput dari Maut Selat Sunda

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Didi Riyadi (@didiriyadi_official)

Kendati sudah tak seintens dulu, namun Didi masih antusias meneruskan karier musiknya. Diakuinya, memang diperlukan adaptasi baru dengan kondisi industri musik masa kini yang telah berkembang.

Terdapat perbedaan signifikan antara situasi sekarang dengan masa kejayaan Element. Sehingga diakui Didi, ia pun masih harus membangun lagi karier musiknya dari nol. Terutama dengan keberadaan sosial media serta penggunaan format digital yang mengikuti kemajuan teknologi.

Namun ada kisah yang hampir tak terekspos terkait Didi dan Element. Seperti diketahui, Indonesia masih dilanda kesedihan atas tragedi peristiwa tsunami Banten (Selat Sunda) pada Desember 2018 lalu. Pasalnya, kejadian nahas tersebut telah merenggut nyawa para personel band Seventeen dan hanya menyisakan vokalisnya saja.

Tak banyak yang tahu bahwa awalnya, band Didilah yang dijadwalkan perform di sana. Namun belakangan, Element batal naik panggung. Sebagai gantinya, pihak panitia dari acara PLN Gathering tersebut memilih Seventeen menjadi talent yang tampil hingga akhirnya terjadilah bencana tersebut.

Masih Menikmati Masa Lajang

Meski sudah berusia matang, namun Didi Riyadi masih betah sendirian. Deretan nama artis cantik pernah dikabarkan dekat dengan pria bertinggi tubuh 182 cm ini. Kendati begitu, pria yang lahir di Jakarta, 31 Juli 1981 tersebut belum berlabuh di pelaminan.

Tak hanya pernah dikabarkan memiliki kedekatan istimewa dengan Ayu Ting Ting. Nama Didi Riyadi juga pernah disebut berhubungan special dengan Nirina Zubir, Donna Agnesia, Audy Item, hingga Bunga Zainal.

Terkait pasangan ideal yang diimpikannya, Didi kepada media justru pernah mengaku menginginkan wanita yang tidak berprofesi sebagai artis. Ia juga lebih memilih bukan perempuan dalam negeri meski tetap terbuka jika akhirnya berjodoh dengan artis lokal.

Fasih Berbisnis Properti

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Didi Riyadi (@didiriyadi_official)

Meraup income besar dari profesi aktornya, Didi juga diketahui hobi berinvestasi. Ia terjun ke dunia bisnis dan menyukai bidang property. Sejak bertahun-tahun lalu, ia membiasakan diri untuk membeli sejumlah tanah dan bangunan sebagai tabungan.

Dapat dipastikan, ia senantiasa berusaha mengendapkan uang hasil ketekunannya bekerja agar lebih bermanfaat di kemudian hari. Baginya, pembelian properti akan jauh lebih menguntungkan sebagai aset ketimbang dengan mengendapkannya dalam rekening bank. 

Pendapat tersebut diyakini Didi lantaran menurutnya harga tanah dan rumah selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Eksis Sebagai Vlogger

Mengikuti perkembangan zaman, Didi juga masih senang eksis membuat vlog di kanal YouTube resmi miliknya. Channel yang dinamakan Diditivi tersebut menjadi salah satu wadah baginya dalam berkreasi sebagai entertainer.

Guna memudahkan penggemar dan lainnya berinteraksi, Didi juga dapat disapa lewat akun Instagram miliknya, @didiriyadi_official dan @diditivi. Tak hanya beraktivitas sebagai entertainer, Didi tampak kerap terlibat dalam kegiatan sosial. 

Seperti pada bulan Juli lalu, ia membantu mempermudah masyarakat untuk ikut mendonasikan peralatan sekolah dan sepatu kepada anak-anak yang membutuhkan.

Kiat Sukses Ala Didi Riyadi

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Didi Riyadi (@didiriyadi_official)

Dalam dunia profesional di bidang apapun, akan selalu ada perubahan dan perkembangan zaman yang membuat para pelakunya harus terus maju. Seperti Didi Riyadi, setiap individu dapat mempertahankan eksistensinya dengan cara terus fleksibel dan beradaptasi terhadap perubahan.

Kemauan untuk berkembang dan mempelajari hal baru dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan. Mengembangkan keterampilan diri di bidang yang berbeda juga bisa membuka pintu-pintu rezeki yang baru. Yuk terus upgrade dirimu agar dapat senantiasa mempertahankan kesuksesanmu.

Baca Juga: Sukses Bermusik Selama 34 Tahun, Yuk Bernostalgia dengan Band Legend Kahitna yang Bikin Baper

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement