Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Persebaya Bekuk Persikabo 3-1

Sabtu 11 Sep 2021 20:08 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Penyerang Persebaya Surabaya Jose Wilkson Teiceira Rocha (kanan) menjebol gawang Tira Persikabo dalam laga pekan kedua Liga 1 2021/22..

Penyerang Persebaya Surabaya Jose Wilkson Teiceira Rocha (kanan) menjebol gawang Tira Persikabo dalam laga pekan kedua Liga 1 2021/22..

Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Ini jadi kemenangan pertama Persebaya di kompetisi Liga 1 2021/22.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Persebaya Surabaya berhasil mengamankan tiga angka perdananya pada kompetisi Liga 1 2021/22. Setelah takluk 1-3 dari Borneo FC pada laga pembuka, Persebaya bangkit menaklukkan Persikabo 1973 dengan skor serupa, 3-1, di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Sabtu (11/9) malam.

Dua dari tiga gol Persebaya dicetak oleh penyerang asing Jose Wilkson Teiceira Rocha pada menit ke-25 dan menit ke-41. Sementara gol tambahan hadir lewat penyerang sayap Ricky Kambuya menit ke-39.

Baca Juga

Adapun gol semata wayang Persikabo 1973 dicetak oleh penyerang Ciro Henrique Alves Ferreira Silva setelah dengan tenang mengecoh kiper Ernando Ari Sutrayadi lewat titik putih pada interval kedua.

Capaian positif tersebut membuat anak asuh Aji Santoso, Persebaya untuk sementara naik ke posisi delapan klasemen Liga 1 dengan perolehan angka tiga dari sekali menang dan satu kekalahan.

Persikabo masih tak berkutik di peringkat ke-16 dengan catatan tak pernah menang dalam dua partai terakhir. Armada asuhan Igo Kriushenko mencatatkan satu hasil imbang serta sekali kalah.

Jalannya laga

Kedua tim langsung tancap gas dan menunjukkan kualitas permainan mereka dengan saling jual beli serangan. Pertandingan baru berjalan 15 menit pemain belakang Persebaya Alwi Slamat terpaksa mendapat hukuman kartu kuning pertama setelah menjegal pemain depan Persikabo.

Permainan Persikabo masih buntu di sepertiga akhir. Tusukan-tusukan langsung dua penyerang sayap Pushnyakov, dan Ciro masih belum bisa menbus rapatnya pertahanan bek Persebaya yang dijaga Arif Satria dan Alie Sesay.

Petaka hadir justru kepada Persikabo, nyaman menyerang membuat mereka kebobolan pada menit ke-25. Striker Wilkson menerima umpan manis Muhammad Alwi Slamat yang langsung dilepaskan menggunakan kaki kiri. Bola yang mengalir kencang gagal diantisipasi kiper Syahrul Fadil. Skor 1-0 untuk Persebaya.

Tertinggal satu gol membuat Persikabo kehilangan arah permainan. Penguasaan bola bahkan menjadi milik Persebaya. Taisei Marukawa dan rekan setim sukses mendominasi jalannya bola dengan persentasi 78 persen berbanding 22 persen.

Upaya untuk memperlebar jarak terjadi pada menit ke-39. Persebaya menambahkan skor menjadi 2-0 melalui aksi Ricky Kambuaya. Tembakan kaki kanan dari bagian tengah kotak penalti kembali memaksa Syahrul Fadil memungut bola di dalam gawang.

Berselang dua menit, Wilkson mencatumkan namanya untuk kali kedua setelah menerima assist rekan setimnya asal Jepang, Marukawa. Skor 3-0 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki interval kedua pergantian pemain dilakukan oleh kubu Persikabo. Pelatih Igor Kriushenko memutuskan menarik keluar Roni Sugeng dengan memasukan Andre Oktaviansyah pada menit ke-59.

Masuknya gelandang muda Andre Oktaviansyah membuat lini tengah Persikabo terasa segar. Ketenangannya mengalirkan bola ke lini depan membuat permainan Persikabo kembali hidup.

Hasilnya, Persikabo memperkecil kedudukan lewat penalti Ciro Henrique Alves Ferreira Silva pada menit ke-64 melalui titik putih. Skor 1-3 untuk Persikabo.

Gol tersebut meningkatkan mentalitas Persikabo para pemain tampil lebih ngotot dan kerap meneror lini pertahanan Bajul Ijo. Namun hingga menit ke-75 belum ada tambahan gol dari upaya keras Persikabo.

Pelatih Aji Santoso melakukan rotasi dua pemain sekaligus pada menit ke-66. Merselino Ferdinan dan Akbar Firmansyah masuk menggantikan Bruno serta Samsul Arif Munip.

Memasuki waktu-waktu krusial Persikabo terus meningkatkan intensitas serangan demi menambah pudi gol. Sebaliknya Persebaya memilih lebih bermain ke dalam dan memainkan tempo lebih lambat dengan mengandalkan operan langsung ke lini depan.

Pada menit ke-85, Persikabo nyaris hampir memperkecil kedudukan lewat sepakan kencang dari kiri gawang melalui Firza Andika. Beruntung kiper Persebaya Sutaryadi dengan sigap menepis bola ke atas mistar gawang.

Hingga peluit panjang berbunyi skor 3-1 untuk keunggulan Persebaya tetap bertahan. Persebaya pun meraih kemenangan perdananya musim ini.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA