Sabtu 11 Sep 2021 17:50 WIB

AS Peringati 20 Tahun Serangan Teror 11 September

Biden akan menghadiri upacara di New York, Pentagon, dan Pennsylvania

AS memperingati 20 tahun serangan teroris 11 September 2001.
AS memperingati 20 tahun serangan teroris 11 September 2001.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) pada Sabtu akan memperingati 20 tahun serangan teroris 11 September 2001, dan peringatan pertamanya sejak negara itu meninggalkan Afghanistan.

Presiden AS Joe Biden sebelumnya telah mengumumkan penarikan dari negara Asia Tengah itu sudah selesai, mengakhiri pendudukan hampir 20 tahun yang dimulai oleh George W. Bush dan diteruskan ke tiga presiden berturut-turut.

Baca Juga

AS menginvasi Afghanistan setelah penguasa Taliban menolak untuk menyerahkan dalang serangan teroris 11 September dan pemimpin al-Qaeda Osama bin Laden setelah serangan teror yang merenggut hampir 3.000 nyawa.

Serangan yang dipimpin militer AS membuat Taliban berantakan saat mereka mundur ke daerah pegunungan dan tetangga Pakistan hanya untuk bangkit kembali dan melancarkan kampanye asimetris yang menjadi serangan militer besar-besaran terhadap pemerintah yang diakui secara internasional di Kabul.

Pemerintah dan 300.000 militernya yang kuat runtuh bulan lalu di mana Taliban sekarang kembali mengendalikan negara itu karena mereka berjanji untuk tidak pernah lagi membiarkan Afghanistan menjadi tempat yang aman bagi terorisme internasional.

Bin Laden, yang secara terbuka mengaku bertanggung jawab atas serangan 11 September, tewas dalam serangan operasi khusus pada 2011 di sebuah kompleks di Abbottabad, Pakistan yang berjarak kurang dari satu mil dari akademi militer utama Islamabad.

Dalam mempertahankan keputusannya untuk menarik diri dari Afghanistan, Biden telah mempertahankan AS mencapai tujuannya pasca-serangan untuk melenyapkan bin Laden, dan tanpa tujuan yang jelas untuk tetap tinggal di Afghanistan.

“Setelah 20 tahun perang di Afghanistan, saya menolak mengirim generasi putra dan putri Amerika lainnya untuk berperang yang seharusnya sudah berakhir sejak lama,” kata Biden pada 31 Agustus.

Upacara peringatan akan berlangsung secara nasional, termasuk di Ground Zero di New York City di mana World Trade Center jatuh setelah pembajak al-Qaeda menabrakkan pesawat ke menara, menewaskan banyak dari mereka di dalam saat gedung pencakar langit itu runtuh dalam gumpalan puing-puing beracun yang menyebar di Manhattan.

Sementara sekitar 3.000 orang meninggal segera setelah serangan itu, ribuan orang lainnya yang menghirup udara yang diselimuti debu juga meninggal, dan terus menderita, akibat penyakit, termasuk kanker dan emfisema.

Upacara peringatan tambahan direncanakan di Pentagon di mana pesawat lain yang dibajak jatuh, dan di Pennsylvania di mana sebuah pesawat jatuh ke lapangan kosong setelah penumpang berusaha merebut kendali pesawat dari pembajak al-Qaeda. Pesawat itu kemungkinan menuju Capitol atau Gedung Putih.

Biden akan menghadiri upacara di Ground Zero, Pentagon dan Shanksville di Pennsylvania di mana pesawat jatuh dan sebuah tugu yang didirikan untuk menghormati mereka yang melawan pembajak.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/as-peringati-20-tahun-serangan-teror-11-september/2361797
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement