Sabtu 11 Sep 2021 17:20 WIB

Bekuk Barito, Bali United Puncaki Klasemen Sementara Liga 1

Bali United mengalahkan Barito Putera 2-1.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Bali United Rizky Pellu (ketiga kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Barito Putera pada lanjutan Liga 1 2021-2022 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Banten, Sabtu (11/9). Bali United berhasil menang tipis atas Barito Putera dengan skor 2-1.
Foto: Antara/Fauzan
Pesepak bola Bali United Rizky Pellu (ketiga kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Barito Putera pada lanjutan Liga 1 2021-2022 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Banten, Sabtu (11/9). Bali United berhasil menang tipis atas Barito Putera dengan skor 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG -- Bali United sukses mengambil alih posisi teratas klasemen sementara BRI Liga 1 musim 2021/2022. Sempat tertinggal lebih dulu, Bali United bisa berbalik unggul dan membungkam Barito Putera 2-1 pada laga pekan kedua Liga 1 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (11/9). 

Keberhasilan gelandang Barito Putera mematahkan serangan Bali United pada menit ke-16 berujung maksimal. Serangan balik Laskar Antasari itu sukses diselesaikan oleh Aleksandar Rakic. Lolos dari kawalan pemain belakang Bali United, penyerang asal Serbia itu menyambar umpan Rafinha, yang dilepaskan dari sisi kanan pertahanan Bali United.

Baca Juga

Gol sundulan Rakic ini seolah menyengat para penggawa Serdadu Tridatu. Mengendalikan permainan lewat penguasaan bola, juara bertahan Liga 1 itu terus mengepung pertahanan Barito Putera. Akhirnya, berawal dari umpan lambung yang dilepaskan dari sisi kiri lapangan Barito Putera, Bali United bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-28.

Adalah Rizky Pellu yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor lewat sontekan tepat di depan mulut gawang Barito Putera. Ini menjadi gol perdana eks gelandang PSM Makasar  itu di BRI Liga 1 musim ini. Keberhasilan menyamakan kedudukan membuat para penggawa Bali United semakin percaya diri.

Tiga menit sebelum babak pertama usai, Bali United berhasil berbalik unggul. Kali ini giliran Ilija Spasojevic yang mampu merobek gawang Barito Putera. Memanfaatkan umpan lambung dari Melvin Platje, Spasojevic menanduk bola dan mengarah ke pojok kanan gawang Barito Putera tanpa bisa dihalau kiper Muhammad Riyandi.

Pada babak kedua, permainan masih menjadi milik Bali United. Tim besutan Stefano Cugurra itu tampak cukup nyaman dalam mengembangkan permainan. Setidaknya dalam 15 menit awal babak kedua, Bali United mendapatkan dua peluang termasuk via sundulan William Pacheco usai memanfaatkan sepak pojok.

Di sisi lain, Barito Putera masih kesulitan untuk bisa keluar dari tekanan yang diberikan Serdadu Tridatu. Berbagai usaha serangan Barito Putera lewat kecepatan Chris Rumbiak dan Rizky Pora di sisi lapangan masih bisa diredam oleh lini belakang Bali United. Begitu pula dengan upaya tim besutan Djadjang Nurdjaman itu lewat serangan dari tengah.

Pada menit ke-85, Barito Putera nyaris menyamakan kedudukan. Sayangnya, sepakan Miftah Anwar Sani dari luar kotak penalti masih membentur tiang gawang Bali United. Bola rebound yang coba dimanfaatkan Beni Oktavianto melalui sebuah sundulan masih bisa ditangkap oleh kiper Bali United, Wawan Hendrawan.

Wawan kembali mampu menggagalkan peluang dari Barito Putera pada menit ke-93, tepatnya saat menangkap bola hasil sundulan Azamat Baimatov. Skor 2-1 akhirnya bertahan hingga laga usai. Dengan kemenangan ini, Bali United menjadi tim pertama yang berhasil meraih kemenangan beruntun di BRI Liga 1 musim 2021/2022, sekaligus mengantarkannya ke puncak klasemen sementara Liga 1 dengan raihan enam poin dari dua laga. 

Pada laga perdana, Serdadu Tridatu sukses menundukan Persik Kediri, 1-0. Sementara buat Barito Putera, ini menjadi kekalahan kedua dalam dua laga awal di pentas BRI Liga 1 2021/2022. Sebelumnya, Rizky Pora dan kawan-kawan dipaksa mengakui keunggulan Persib Bandung, 1-0.

Sementara Barito belum meraih poin dari dua laga. Barito kini menduduki posisi dua terbawah klasemen.

Susunan Pemain:

 

Barito Putera (4-4-2)

Pelatih: Djadjang Nurjaman

Kiper: Riyandi

Belakang: Suryawan, Maulana, Baimatov, Bagas Kaffa

Tengah: Umanailo, Kamal, Pradana, Pora

Depan: Rakic, Rafinha

 

Bali United (4-3-3)

Pelatih: Stefano ''Teco'' Cugurra

Kiper: Hendrawan

Belakang: Orah, Pacheco, Tupamahu, Wijaya

Tengah: Pellu, Widnyana, Nouri

Depan: Platje, Spasojevic, Roni

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement