Sabtu 11 Sep 2021 12:57 WIB

Kapolda Jabar: ADWI 2021 untuk Kebangkitan Ekonomi Warga

ADWI diharapkan mampu menangani berbagai persoalan sosial ekonomi di masyarakat.

Kapolda Jabar Irjen Poll Ahmad Dofiri dan Menparekraf Sandiga Uno meninjau desa wisata di Jabar.
Foto: Istimewa
Kapolda Jabar Irjen Poll Ahmad Dofiri dan Menparekraf Sandiga Uno meninjau desa wisata di Jabar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri mengapresiasi program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Program ini merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf/Baparekraf. 

Event ini pun bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi. Apalagi, ADWI 2021 mengangkat tema “Indonesia bangkit”, tema yang diharapkan dapat mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk kembali bangkit pasca pandemi Covid-19.

Karenanya, Kapolda mengapresiasi terhadap inovasi program Kemenparekraf yang terus mengembangkan lokasi wisata menjadi sentra ekonomi. Dengan pengembangan itu, sehingga membangkitkan pendapatan dan mengurangi pengangguran di Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat. 

"Dengan kerja sama bersama pemerintah Pusat di massa pandemic seperti ini ADWI diharapkan mampu menangani berbagai persoalan sosial ekonomi di dalam masyarakat seperti di bidang pariwisata," kata Dofiri dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (11/9). 

Apalagi, kata dia, dengan PPKM yang sudah semakin turun, lokasi wisata sudah boleh dikunjungi. Namun, dengan tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19. 

Melalui kategori-kategori ini diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi desa wisata berkelanjutan. "Selain itu, juga mampu meningkatkan kualitas desa wisata di Indonesia, serta mewujudkan visi Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan, dan Mampu Mendorong Pembangunan daerah dan Kesejahteraan,” tegasnya.

Dia menegaskan, di Jabar sendiri masih banyak desa-desa yang berpotenasi untuk menjadi lokasi wisata dan dikenalkan di Indonesia. Melalui ADWI ini, ucap dia, desa yang tadinya tidak terekspos bisa dikenal dan mampu membangkitkan perekonomian masyarakat desa tersebut. 

"Salah satu perbaikan ekonomi memang dari bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang saat ini dilakukan oleh kemenparekraf,” ujar Dofiri. Apalagi, dia pun baru mengetahui ada lokasi bagus dan potensi ekonomi kreatif yang diketahuinya setelah keliling mendampingi Menteri Sandiaga Salahudin Uno. 

Kapolda Berharap, dengan adanya perhatian dari pemerintah pusat, maka bisa mengembangkan wsiata di Jawa Barat. Khususnya Kota dan Kabupaten Bandung, sehingga dengan meningkatkan ekonomi warga, maka semakin berkurangnya permasalahan kamtibmas di Kota Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement