Sabtu 11 Sep 2021 08:34 WIB

Museum Nasional Gelar Lokakarya 'Menulis Aksara Jawa'

Museum Nasional menggelar acara virtual agar dapat dinikmati masyarakat.

Ilustrasi. Museum Nasional menggelar acara virtual agar dapat dinikmati masyarakat.
Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Ilustrasi. Museum Nasional menggelar acara virtual agar dapat dinikmati masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Galeri Nasional dan Museum Nasional menggelar acara virtual agar dapat dinikmati masyarakat. Hal tersebut mengingat kedua tempat wisata yang berlokasi di Jakarta Pusat itu belum diperkenankan untuk menerima kunjungan.

''Museum Nasional masih harus tutup mengikuti kebijakan PPKM,'' bunyi unggahan akun Instagram @museumnasionalindonesia.

Meski kunjungan masih ditutup sementara, masyarakat umum masih bisa melakukan lokakarya yang disajikan oleh Museum Nasional secara daring. Salah satunya seperti belajar menari tradisional dan menulis aksara jawa.

Sejumlah objek wisata di Jakarta masih belum bisa dibuka untuk umum. Selain Museum Nasional, Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat juga masih ditutup untuk pengunjung.

Begitu pula Galeri Nasional yang sampai saat ini masih menyelenggarakan kegiatan secara virtual. ''Saat ini seluruh pameran masih secara virtual," kata salah seorang tim Galeri Nasional, Desy Novita Sari saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Namun demikian, Galeri Nasional sudah mempersiapkan protokol kesehatan jika Pemprov DKI Jakarta memberi izin untuk beroperasi. Sebelumnya, Galeri Nasional yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, telah dibuka untuk umum pada Mei lalu.

Namun, karena PPKM darurat, Galeri Nasional ditutup sementara hingga kini. "Kami sudah sempat buka kunjungan luring dan sudah ada protokolnya. Namun setelah PPKM ini tentu akan di-review lagi sesuai kondisi dan peraturan pemerintah, apakah protokol tersebut perlu perubahan atau tidak," kata Desy.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan penyesuaian aturan dalam kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3. Namun, relaksasi hanya ditujukan untuk objek wisata tertentu saja. Uji coba operasi pun sudah diterapkan di Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement