Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Mahasiswa Baru ITS PKU Muhammadiyah Solo Naik 49,5 Persen

Jumat 10 Sep 2021 20:31 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Gita Amanda

Jumlah mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022 di Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Solo meningkat 49,5 persen dibandingkan tahun lalu.

Jumlah mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022 di Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Solo meningkat 49,5 persen dibandingkan tahun lalu.

Foto: wikipedia
Kenaikan menunjukkan kepercayaan terhadap ITS PKU Muhammadiyah di tengah pandemi

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Jumlah mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022 di Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Solo meningkat 49,5 persen dibandingkan tahun lalu. Para mahasiswa baru tersebut mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKBM) dan Masa Ta’aruf (Masta) secara daring di ITS PKU Muhammadiyah Solo selama empat hari pada Selasa-Jumat (7-10/9).

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan ITS PKU Muhammadiyah Solo, Sri Mintarsih, menjelaskan proses penerimaan mahasiswa baru di ITS PKU Muhammadiyah Solo Tahun Ajaran 2021/2022 telah usai. Dia bersyukur hasil seleksi melampaui ekspektasi target yang ditetapkan di awal.

Tahun ini, jumlah mahasiswa baru meningkat 20 persen dari tahun lalu untuk program reguler. Sedangkan kelas transfer dan alih jenjang meningkat 110 persen. Apabila dirata-rata kenaikan jumlah mahasiswa baru tahun ini, meningkat dari tahun lalu sebesar 49,5 persen.

"Ini menunjukkan progres yang sangat bagus, menunjukkan, walaupun masa pandemi, ITS PKU selalu di hati, dan sebagai indikator tercapainya nilai kepercayaan kepada ITS PKU Muhammadiyah Surakarta sebagai penyelenggara proses pendidikan calon cendekiawan Muslim, yang beretika, Islami profesional dan berkemajuan," jelas Sri Mintarsih seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Republika, Jumat (10/9).

Menurutnya, pendaftaran gelombang satu yang ditutup 31 Agustus 2021 mencapai 600 lebih mahasiswa baru baik regular maupun alih jenjang. Mereka mengikuti kegiatan PKKBM dan Masta secara virtual yang diawali dengan sidang Terbuka Senat pada Selasa (7/9).

Kegiatan PKKMB diikuti mahasiswa baru dari tujuh prodi antara lain, S1 Informatika, S1 Gizi, S1 Keperawatan dan Profesi Ners, DIV Keperawatan Anestesiologi, DIV Rekayasa Elektromedis, D3 Keperawatan dan D3 Kebidanan.

Sri Mintarsih menambahkan, PKKBM dan Masta merupakan tradisi untuk mengenalkan ITS PKU Muhammadiyah kepada mahasiswa baru. Untuk kali pertama PKKBM dan Masta dilakukan bersamaan saat situasi pandemi Covid-19.

Sejumlah kegiatan PKKBM dan Masta antara lain prosesi pelantikan dan tayangan kegiatan mahasiswa baru terkait kepeduliannya terhadap lingkungan. Selain itu, kegiatan organisasi mahasiswa ITS PKU Muhammadiyah sebagai stimulasi kepada mahasiswa baru agar dapat bergabung untuk belajar berorganisasi secara dinamis dan sehat.

"Dilakukan sidang terbuka senat dan Rektor menyampaikan materi. Ada juga materi mengenai cinta kebangsaan dan Tanah Air serta antikorupsi dan juga mitigasi bencana," imbuh Mintarsih.

Dia menjelaskan rangkaian acara berlangsung selama empat hari tersebut mengikuti kebijakan pemerintah pusat untuk menaati protokol kesehatan. Dia berharap mahasiswa baru yang telah mengenal ITS PKU Muhammadiyah dapat mencintai kampus, mencintai profesi, dan cinta Tanah Air dengan berkepribadian Islami dan sesuai dengan nilai nilai Kemuhammadiyahan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA