Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Guus Hiddink Pamit dari Lapangan Hijau

Jumat 10 Sep 2021 19:59 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar

Guus Hiddink

Guus Hiddink

Foto: Harry Engels/AP Photo
Guus Hiddink kini berusia 74 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Mantan pelatih Real Madrid dan Cheslea, Guus Hiddink disebut bakal memutuskan untuk pensiun dari dunia kepelatihan pada 2021.

Karier kepelatihan Hiddink telah berakhir, ia meminta waktu untuk melatih timnas Curacao dan manajemen sepak bola. Pelatih asal Belanda itu kini berusia 74 tahun.

"Saya berbicara dengan presiden dan kami sampai pada kesimpulan bahwa, dengan tim menuju ke arah yang baru, lebih baik saya pergi," kata Hiddink dilansir Tribal Football, Jumat (10/9).

Posisi Guus Hiddink di timnas untuk sementara digantikan oleh Patrick Kluivert. Curacao sendiri sukses melaju ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia Zona Concacaf. Tapi mereka gagal melaju ke putaran terakhir dikalahkan oleh Panama.

"Saya akan berhenti pelatihan sama sekali," sambung Hiddink.

Hiddink mengawali dunia kepelatihan klub pada 1982 sebagai asisten klub asal Belanda, De Graafschap. Dua tahun berselang Hiddink merapat ke PSV Eindhoven.

Kariernya mentereng pada 1987 setelah diangkat sebagai manajer PSV dan langsung mempersembahkan trebel winners untuk pertama kalinya.

Setelah itu Hiddink menjabat sebagai juru taktik timnas Belanda dan kemudian sebagai pelatih Real Madrid pada 1998, dengan mempersembahkan Piala Interkontinental dalam kariernya semusim bersama Los Blancos.

Nama Hiddink kembali meroket setelah ia berhasil membawa timnas Korea Selatan menembus babak semifinal Piala Dunia 2002 silam.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA