Jumat 10 Sep 2021 13:31 WIB

Sentra Vaksinasi Pertamina RU VI Balongan Jadi Percontohan

Pemprov Jabar mengalokasikan 5.000 dosis vaksin Sinovac untuk masyarakat Indramayu.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau langsung pelaksanaan program “Menuju Vaksinasi 37 Juta Warga Jabar” di Sentra Vaksinasi Pertamina Balongan tepatnya di Komplek Bumi Patra, Jumat (10/9).
Foto: Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau langsung pelaksanaan program “Menuju Vaksinasi 37 Juta Warga Jabar” di Sentra Vaksinasi Pertamina Balongan tepatnya di Komplek Bumi Patra, Jumat (10/9).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) mendorong perusahaan-perusahaan, baik BUMN maupun swasta, untuk mendukung penuh kegiatan vaksinasi Covid-19. Hal itu seperti yang dilakukan Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan, Kabupaten Indramayu, dengan menyediakan sentra vaksinasi Covid-19.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengungkapkan, sentra vaksinasi Covid-19 yang digelar Pertamina RU VI Balongan akan dijadikan contoh untuk perusahaan-perusahaan lain yang ada di Jabar. Diharapkan, mereka bisa menggelar kegiata serupa.

 

photo
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau langsung pelaksanaan program “Menuju Vaksinasi 37 Juta Warga Jabar” di Sentra Vaksinasi Pertamina Balongan tepatnya di Komplek Bumi Patra, Jumat (10/9). - (Istimewa)

 

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, kesanggupan infrastruktur di puskesmas dan rumah sakit untuk menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 hanya 60 – 70 persen. Karena itu, kekurangannya harus didukung oleh sentra vaksinasi.

"Nah, sentra vaksinasi itu harus seperti Pertamina," kata Kang Emil, saat meninjau pelaksanaan program ‘Menuju Vaksinasi 37 Juta Warga Jabar’, di Kompleks Bumi Patra Indramayu, yang menjadi Sentra Vaksinasi Pertamina RU VI Balongan, Jumat (10/9).

Kang Emil menyatakan, pelaksanaan dan keberhasilan vaksinasi Covid-19 seperti sebuah investasi. Semakin cepat vaksinasi, maka ekonomi akan semakin cepat pulih. Begitu pula sebaliknya, semakin lama vaksinasi, maka kegiatan ekonomi akan semakin lambat.

"Jadi para perusahaan, baik BUMN maupun swasta, ayo bersama-sama sukseskan vaksinasi supaya kegiatan ekonomi cepat pulih. Kalau ekonomi pulih, maka perusahannya bergerak normal lagi dan untung lagi," ujar Kang Emil.

Kang Emil menambahkan, penyebaran Covid-19 di Jabar saat ini sudah semakin landai. Hal itu terlihat dari tingkat bed occupancy rate (BOR) / tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit bagi pasien Covid-19 di Jabar saat ini hanya 11 persen.

Sementara itu, dalam kegiatan vaksinasi massal di Kompleks Bumi Patra Indramayu, Pemprov Jabar mengalokasikan 5.000 dosis vaksin jenis Sinovac. Kegiatan tersebut diikuti masyarakat dari Kecamatan Balongan, Kecamatan Indramayu maupun dari lingkungan Pertamina, yang digelar pada 8-10 September 2021.

General Manager Pertamina RU VI Balongan, Diandoro Arifian, mengungkapkan, Pertamina akan terus mendukung upaya Pemprov Jabar dalam mengakselerasi capaian target vaksin. Salah satunya dengan menyediakan sentra vaksinasi untuk masyarakat.

"Kegiatan serbuan vaksin juga telah dilaksanakan beberapa kali di lingkungan Pertamina, yang bekerja sama dengan Forkopimda, Korem dan Kodim," ujar Diandoro. 

Hal senada diungkapkan Unit Manager Communication, Relation and CSR Pertamina Kilang Balongan, Cecep Supriyatna. Dia menyebutkan, sejak Juni 2021, Pertamina RU VI Balongan telah mengadakan vaksinasi lebih dari 25 kali, baik untuk internal Pertamina maupun umum.

Cecep menyatakan, dukungan itu merupakan komitmen Pertamina RU VI Balongan dalam mendukung Pemprov Jabar maupun Pemda Indramayu, dalam mempercepat pembentukan herd immunity (kekebalan kelompok). Hal itu agar Indonesia segera keluar dari pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah, saat ini di Indramayu kasus positif Covid-19 semakin menurun dan di Perumahan Bumi Patra sudah nol kasus. Semoga dengan vaksinasi ini kita segera keluar dari pandemi," kata Cecep.

Cecep menambahkan, vaksinator pada dalam kegiatan itu berasal dari Dinas Kesehatan Indramayu. Sedangkan dukungan yang diberikan Pertamina RU VI Balongan, berupa gedung yang dijadikan sentra vaksinasi, jaringan internet, pengamanan, serta sarana prasarana penunjang lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement