Jumat 10 Sep 2021 13:59 WIB

Afghanistan Terima Bantuan Kemanusiaan dari Lima Negara

Pesawat yang mengangkut bantuan dari Qatar, UEA, Bahrain, Pakistan mendarat di Kabul

Red: Nur Aini
Afghanistan pada Kamis (9/9) menerima bantuan kemanusiaan, seperti makanan dan obat-obatan, dari lima negara.
Afghanistan pada Kamis (9/9) menerima bantuan kemanusiaan, seperti makanan dan obat-obatan, dari lima negara.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Afghanistan pada Kamis (9/9) menerima bantuan kemanusiaan, seperti makanan dan obat-obatan, dari lima negara.

Negara yang dilanda perang selama 20 tahun itu sekarang berada dalam krisis ekonomi yang parah, dan kemiskinan dapat terlihat di mana-mana di ibu kota Kabul di mana orang-orang bahkan mengemis sepotong roti untuk bertahan hidup.

Baca Juga

Menurut Abdul Hadi Hamdarda, seorang pejabat Bandara Internasional Hamid Karzai, empat pesawat dari Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, dan Pakistan tiba di Kabul untuk memasok makanan dan obat-obatan ke pemerintahan sementara Taliban yang baru dibentuk.

Afghanistan juga menerima bantuan dari negara tetangga Turkmenistan melalui jalan darat, kata Hamdarda. Ratusan orang tidur di taman Shahr-e-Nau, beberapa di tenda plastik, karena mereka tidak punya cukup uang untuk pulang. Mereka tiba di Kabul pada Agustus ketika Taliban menguasai ibu kota provinsi.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid, yang sekarang menjabat sebagai menteri kebudayaan dan informasi, mengumumkan pemerintahan sementara Afghanistan pada Senin, bersamaan dengan pengumuman pembentukan Kementerian Pengungsi.

Jutaan orang Afghanistan menjadi pengungsi di berbagai belahan dunia, dan mayoritas bermigrasi ke negara tetangga Pakistan, Iran, Tajikistan, dan Turki selama konflik 43 tahun, yang dimulai dengan kerusuhan politik pada 1978 dan diikuti oleh invasi Uni Soviet tahun selanjutnya.

Menyusul serangan 11 September pada 2001, AS menggulingkan pemerintah Taliban dan berperang dengan para pejuang Taliban selama dua dekade hingga kesepakatan damai Doha tahun lalu.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/afghanistan-terima-bantuan-kemanusiaan-dari-lima-negara/2360779
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement