Jumat 10 Sep 2021 09:53 WIB

IPCM Kerja Samakan Pelayanan Kapal dengan Pelindo Marines

Kerja sama diharapkan dapat meningkatkan perluasan pasar bersama

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Pelabuhan Pelindo. PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) kerja samakan penyediaan dan pelayanan kapal dengan anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III yakni PT Pelindo Marine Service (Pelindo Marines).
Foto: ANTARA/Aswaddy Hamid/rwa.
Pelabuhan Pelindo. PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) kerja samakan penyediaan dan pelayanan kapal dengan anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III yakni PT Pelindo Marine Service (Pelindo Marines).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) kerja samakan penyediaan dan pelayanan kapal dengan anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III yakni PT Pelindo Marine Service (Pelindo Marines). Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman mengenai Penyiapan Rencana Kerja Sama dalam Kegiatan Penyediaan dan atau pelayanan kapal pada Kamis (9/9).

“IPCM dan Pelindo Marines sebagai anak usaha BUMN yang bergerak di area bisnis yang sama akan memiliki sinergi yang saling melengkapi," kata Direktur Utama IPCM Amri Yusuf dalam pernyataan tertulisnya, seperti dikutip Jumat (10/9).

Dia menjelaskan, secara teknis implementasi kerja sama tersebut akan mengambil beberapa bentuk seperti knowledge sharing, layanan kapal, dan perluasan pasar. Sebagai bagian dari keluarga besar Pelindo, Amri mengatakan IPCM berkepentingan untuk ikut mensukseskan rencana besar integrasi Pelindo.

"Prinsip sinergi yang kami bangun adalah prinsip tumbuh bersama menjadi bagian untuk mewujudkan dan memperkuat ekosistem logistik nasional,” tutur Amri.

Ruang lingkup pada nota kesepahaman tersebut meliputi inventarisasi terhadap potensi yang dimiliki oleh masing-masing pihak. Selain itu, Amri mengatakan akan dilakukan sejumlah kajian yang berkaitan dengan kerja sama dari aspek finansial, teknis, komersial, hukum, dan aspek lainnya.

"Penandatanganan Nota Kesepahaman bertujuan untuk menjalin sinergi positif kedua belah pihak dalam memberikan kontribusi pelayanan kapal yang optimal," jelas Amri.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo Marines Umar memastikan siap memberi dukungan penuh pada proses sinergi yang akan dilakukan bersama dengan IPCM. Umar menilai, kerja sama tersebut akan meningkatkan kolaborasi kompetensi dan tukar pengalaman masing-masing.

"Diharapkan dapat meningkatkan perluasan pasar bersama dengan efisien, serta memberikan nilai tambah pada pelayanan ke pengguna jasa marine,” kata Umar.

Umar menambahkan, kedua perusahaan akan mempersiapkan perangkat-perangkat hukum yang diperlukan atas pelaksanaan kerja sama tersebut. Umar mengharapkan, proses sinergi berjalan sesuai kepatuhan pada regulasi terkait dan prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Pelindo Marines merupakan anak usaha Pelindo III yang bergerak di bidang pelayanan penundaan kapal, operator kapal pandu, dan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan kapal. Saat ini Pelindo Marines tak hanya beroperasi di wilayah kerja Pelindo III namun mulai perluasan pasar hingga ke Sangatta, perairan Madura, dan perairan internasional Selat Malaka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement