Jumat 10 Sep 2021 08:54 WIB

Sebanyak 6.732 Penyandang Disabilitas di DIY Sudah Divaksin

Masih ada kendala dalam vaksinasi terhadap penyandang disabilitas di DIY.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Proses vaksinasi bagi penyandang disabilitas (ilustrasi).
Foto: Istimewa
Proses vaksinasi bagi penyandang disabilitas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, Pembayun Setyaningastutie mengatakan, total penyandang disabilitas yang sudah divaksin mencapai 6.732 orang. Namun, tidak seluruhnya merupakan warga yang ber-KTP DIY.

Pembayun menyebut, untuk suntikan vaksin dosis pertama kepada warga DIY yang merupakan penyandang disabilitas sudah mencapai 4.466 orang. Sedangkan, penyuntikan dosis kedua baru di angka 403 penyandang disabilitas.

Total sasaran vaksinasi penyandang disabilitas di DIY sendiri mencapai lebih dari 11 ribu orang. "Target pada tanggal 2 Oktober 2021 nanti seluruh disabilitas di DIY tervaksin," kata Pembayun di Kompleks Kepatihan, Rabu (8/9).

Jenis vaksin yang diberikan kepada penyandang disabilitas ini tidak seluruhnya menggunakan Sinopharm. Dari total disabilitas yang sudah divaksin, yang diberikan Sinopharm hanya 4.317 orang diantaranya.

"Awal oktober nanti vaksin Sinopharm di DIY habis," ujar Pembayun.

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X mengatakan, pelaksanaan vaksinasi bagi penyandang disabilitas dilakukan melalui Dinas Sosial dan Dinkes DIY yang bekerja sama dengan komunitas komunitas di DIY. Termasuk di dalamnya Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di kabupaten/kota se-DIY.

Ia menyebut, masih ada kendala yang ditemukan dalam vaksinasi terhadap penyandang disabilitas di DIY. Terutama terkait keterbatasan akses penyandang disabilitas ke tempat vaksinasi.

"Petugas mendapatkan banyak kesulitan karena warga yang berkebutuhan khusus kesulitan dalam menuju lokasi vaksin, kesulitan dalam berkomunikasi dan lain-lain," katanya.

Sehingga, petugas pun harus door to door dalam melaksanakan vaksinasi kepada penyandang disabilitas. Selain itu, katanya, ada juga komunitas penyandang disabilitas yang menyediakan kendaraan gratis ke lokasi vaksin.

"Petugas harus menjemput ataupun mendatangi rumah masing-masing atau komunitas-komunitas menyediakan kendaraan," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement