Jumat 10 Sep 2021 06:30 WIB

Jepang Mundur Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub 2021

Tuan rumah alternatif untuk Piala Dunia Antarklub 2021 akan diumumkan FIFA.

Piala Dunia Antarklub.
Foto: IST
Piala Dunia Antarklub.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menyatakan, Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) memutuskan mundur sebagai tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2021 karena situasi Covid-19 di negara itu, Kamis (9/9). Turnamen tahunan yang mempertemukan juara dari enam konfederasi global, akan digelar pada bulan Desember 2021.

"FIFA mengonfirmasi bahwa karena pandemi Covid-19 dan situasi tuan rumah di negara tersebut, maka Jepang tidak lagi dalam posisi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub FIFA 2021," demikian sebuah pernyataan FIFA. "FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada JFA atas kerja dan komitmen mereka serta berharap untuk kembali ke Jepang di masa depan."

Keputusan tersebut diambil setelah Pemerintah Jepang pada Kamis secara resmi memutuskan untuk memperpanjang keadaan darurat Covid-19 di banyak bagian negara itu untuk menekan gelombang infeksi baru.

FIFA tahun lalu memilih Jepang sebagai tuan rumah untuk kompetisi tersebut, yang awalnya diikuti oleh tujuh klub. Jumlah partisipasi Piala Dunia Antarklub kemudian ditambah menjadi 24 tim, yang semula dijadwalkan untuk Cina pada Juni 2021 sebelum ditunda karena pandemi. Terakhir kali Jepang menjadi tuan rumah turnamen tersebut adalah pada 2016.

Rincian lebih lanjut tentang tuan rumah alternatif untuk Piala Dunia Antarklub 2021 akan diumumkan oleh FIFA pada waktunya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement