Jumat 10 Sep 2021 02:17 WIB

Pemprov Uji Coba Buka TMII & Ancol, Wagub: Dibuka Bertahap

Wagub DKI Riza Patria berkata tempat wisata di Jakarta akan dibuka bertahap.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Karta Raharja Ucu
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Foto: Republika/Flori Sidebang
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menyampaikan tempat wisata di ibu kota akan dibuka bertahap, menyusul pembukaan Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Dua tempat wisata itu dibuka dalam masa uji coba.

"Ya bertahap ya, itu (Ancol, TMII) kan yang rame. Nanti (dibuka) juga yang lain," kata Riza saat ditemui di Balai Kota DKI, Kamis (9/9) malam.

Namun Riza belum bisa memastikan kapan tanggal pasti pembukaan wisata-wisata di Jakarta lantaran belum ada putusan. Hingga kini dua lokasi wisata tadi juga masih tahap uji coba dan belum dibuka lebih lanjut.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini (bisa dibuka)," tuturnya.

Menyoal pembukaan tempat wisata, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebenarnya sudah menerbitkan Keputusan Gubernur Nomor 1072 tahun 2021 tentang PPKM level tiga. Dalam Kepgub itu, Anies juga menjelaskan menyoal pembukaan tempat wisata tertentu.

Dikatakan, uji coba itu sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 tahun 2021. Dalam Kepgub tadi pula, tempat wisata yang diujicobakan atau hendak dibuka, wajib melakukan protokol kesehatan dengan baik sebagaimana diatur Kemenparekraf dan Kemenkes.

Selain jam operasional yang dibatasi dengan mengandalkan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk, pengunjung juga akan dibatasi. Diketahui, anak kurang dari 12 tahun akan dilarang untuk memasuki lokasi wisata itu.

Baca juga : Megawati Dikabarkan Koma, PDIP: Orang Suka Kabar Kedukaan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement