Jumat 10 Sep 2021 07:07 WIB

Workshop Karikatur dan Komik, Dari Hobi Jadi Money

Republika.co.id menggelar worshop membuat karikatur dan komik.

workshop membuat karikatur dan komik
Foto: republika
workshop membuat karikatur dan komik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka memeriahkan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-26, Republika.co.id menggelar workshop membuat karikatur dan komik pada Jumat (10/9). Kegiatan ini terbuka untuk umum, dan masyarakat bisa mengikuti secara gratis.

Workshop membuat karikatur dan komik merupakan acara kedua dari rangkaian kegiatan yang akan digelar dalam peringatan HUT Republika.co.id pada tahun 2021. Sebelumnya, Republika.co.id telah menggelar workshop Digital Junalistik Milenial pada 31 Agustus hingga 3 September. Dalam kegiatan yang digelar selama empat hari itu, para peserta mendapatkan materi mulai dari penulisan berita, opini hingga foto jurnalistik.

Baca Juga

Seperti workshop sebelumnya,  pada workshop kali ini, peserta juga akan mendapatkan materi terkait bagaimana membuat karikatur dan komik yang berkualitas. Dipilihnya tema pelatihan membuat karikatur dan komik tidak lepas dari perkembangan yang terjadi di masyarakat saat ini, khususnya media sosial. Kini, media sosial seperti Instagram bukan hanya menjadi ajang untuk memposting foto-foto saja, namun menjadi ruang untuk menampung kreatifitas penggunanya.

"Melalui pelatihan ini, diharapkan masyarakat khususnya generasi milenial, bukan hanya mampu membuat karikatur dan komik yang bagus, namun juga berkualitas. Karikatur dan komik merupakan salah satu sarana untuk mencurahkan aspirasi, baik itu dalam bentuk kritik sosial maupun terkait kondisi yang dialami dan dirasakan oleh si pembuatnya," ujar PIC Workshop, Karta Raharja Ucu.

Karta melanjutkan, perkembangan teknologi dan media sosial saat ini, membuat karikatur dan komik pun tak hanya sebagai sarana untuk menyalurkan aspirasi semata. Namun, melalui karikatur dan komik, seseorang bisa mendapatkan keuntungan ekonomis.

"Jika kita melihat media sosial, saat ini banyak yang menjadikan karikatur dan komik sebagai profesi untuk mendapatkan keuntungan ekonomis. Melalui pelatihan ini, diharapkan semakin banyak lagi yang bisa memanfaatkan peluang tersebut. Jadi istilahnya mengubah dari hobi menjadi money," kata pria yang juga merupakan Asisten Redaktur Republika.co.id itu.

Workshop membuat karikatur dan komik kali ini akan menampilkan Daan Yahya sebagai pemberi materi. Daan sendiri merupakan karikaturis di Republika yang karyanya sudah berkali-kali mendapatkan penghargaan. Bagi masyarakat yang ingin ikut dalam pelatihan ini bisa mendaftarkan di https://republika.id/product/event/127469/workshop-digital-jurnalistik-milenial-pelatihan-menggambar atau mengakses media sosial Republika.co.id untuk informasi lengkap.

Bukan hanya mendapatkan tambahan pengetahuan tentang seluk beluk membuat karikatur dan komik saja, peserta pun bisa mendapatkan beragam hadiah melalui lomba karikatur dan komik yang digelar oleh Republika.co.id. Pelatihan yang disponsori oleh BNI, OJK, PLN, MIND ID dan Allianz ini digelar secara gratis. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement