Jumat 10 Sep 2021 00:41 WIB

Jokowi: 17 Bendungan akan Diresmikan Hingga Desember 2021

Jokowi berharap pembangunan bendungan bisa memperkuat ketahanan pangan Indonesia.

Presiden Joko Widodo
Foto: ANTARA/Agus Suparto
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sebanyak 17 bendungan akan diresmikan hingga Desember tahun 2021. Jokowi mengungkapkan, pembangunan bendungan itu salah satunya bertujuan untuk ketahanan pangan Indonesia.

"Sampai Desember ini telah dan akan diselesaikan 17 bendungan dan diharapkan dengan bendungan ini ketahanan pangan bisa kita perkuat dan tingkatkan," ujarnya pada peresmian Bendungan Passeloreng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Kamis (10/9).

Baca Juga

Orang nomor 1 di Indonesia ini berujar bahwa dalam meningkatkan ketahanan pangan dibutuhkan suplai air, dan hanya akan ada jika memiliki bendungan yang banyak sehingga bisa menyediakan suplai air secara kontinyu dan berkelanjutan. Salah satunya ialah keberadaan Bendungan Passeloreng dan Bendung Gilireng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Alhamdulillah Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo Provinsi Sulsel yang dibangun tahun 2015, hari ini sudah selesai dan siap difungsikan," katanya.

Bendungan Passiloreng memiliki kapasitas tampung sebanyak 138 juta meter kubik dengan luas genangan 1.258 hektar. Sehingga mampu mengairi sawah seluas 8.500 hektar.

Bendungan ini, kata Jokowi, juga untuk ketahanan air sebab bisa mereduksi banjir Sungai Gilireng 489m/detik. Selain itu, juga menyediakan air bagus 145 liter/detik yang akan melayani enam kecamatan di Kabupaten Wajo, serta berfungsi untuk konservasi pariwisata serta memberikan alternatif pendapatan baru bagi masyarakat.

"Bendungan Passiloreng merupakan bendungan yang sangat besar sekali, sehingga kita harapkan dengan suplai air yang ada akan meningkatkan frekuensi tanam. Mungkin bisa menjadi 3 atau 2 per tahunnya. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani," urai Presiden Jokowi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement