Sabtu 11 Sep 2021 05:15 WIB

Tiga Keberkahan Sholat Subuh Berjamaah

Waktu subuh memiliki banyak rahasia dan keberkahan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Tiga Keberkahan Sholat Subuh Berjamaah
Foto: AP /Anjum Naveed
Tiga Keberkahan Sholat Subuh Berjamaah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Waktu subuh memiliki banyak rahasia dan keberkahan. Banyak sekali keistimewaan yang bisa didapatkan dari melakukan ibadah di waktu subuh.

Setidaknya ada tiga keberkahan yang bisa didapatkan dari ibadah subuh tersebut. Pertama, yaitu orang yang sholat subuh berjamaah di masjid akan mendapatkan cahaya di Hari Kiamat.

Baca Juga

Dalam buku Amalan Ringan Paling Menakjubkan terbitan Zikrul Hakim, Syekh Ali Jaber menjelaskan orang yang melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid merupakan tanda iman. Menurut dia, melaksanakan sholat subuh berjamaah itu adalah cahaya pada Hari Kiamat. 

Dalam sebuah hadits dijelaskan, dari Buraidah al-Aslami, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Berilah kabar gembira bagi orang yang berjalan ke masjid dalam keadaan gelap bahwasanya kelak ia akan mendapatkan cahaya sempurna pada hari Kiamat," (HR Abu Dawud dan at-Tarmidzi).

Kedua, orang yang melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid akan terjaga dalam jaminan dan lindungan Allah sampai malam hari. Jadi, menurut Ustadz Ali Jaber, orang yang melaksanakan sholat subuh berjamaah, dia tidak pernah memikirkan masalah. Ia terjamin dalam lindungan Allah SWT.

Dari Jundab bin Abdullah Ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang sholat subuh berjamaah, ia akan berada dalam jaminan Allah." (HR. Muslim)

Ketiga, orang yang melaksanakan sholat subuh berjamaah akan mendapatkan pahala sholat malam dari Isya sampai subuh. Dari Utsman bin Affan Ra, ia berkata, dari Rasulullah SAW beliau bersabda, 

"Siapa yang sholat Isya berjamaah, seolah-olah ia telah sholat malam selama separuh malam. Dan siapa yang sholat subuh berjamaah, seolah-olah dia telah sholat seluruh malamnya," (HR Muslim).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement