Kamis 09 Sep 2021 19:26 WIB

Indonesia Beli Pesawat Hercules C-130J Seri Terbaru

Menurut KASAU, pesawat C-130J yang telah dipesan ini akan tingkatkan kemampuan TNI AU

Menurut KASAU, pesawat C-130J yang telah dipesan ini akan tingkatkan kemampuan TNI AU.
Menurut KASAU, pesawat C-130J yang telah dipesan ini akan tingkatkan kemampuan TNI AU.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Indonesia membeli pesawat angkut Hercules C-130J seri terbaru buatan industri pertahanan Amerika Serikat Lockheed Martin. Saat meninjau pabrik pesawat Lockheed Martin di Maryland, Amerika Serikat, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan pembelian pesawat C-130J yang telah dipesan ini akan meningkatkan kemampuan TNI Angkatan Udara.

"Terutama [kemampuan] dalam operasi angkutan udara secara signifikan," ujar Kasau dalam keterangan resminya pada Kamis.

Baca Juga

Namun, TNI AU tidak mau menyebutkan berapa banyak unit pesawat yang dipesan serta kapan kontrak pembelian dilakukan dan nilai yang disepakati. Pada saat kunjungan ini, Kasau juga menerima penjelasan tentang perkembangan pesawat C-130J Hercules pesanan TNI AU yang tengah diproduksi di pabrik pesawat tersebut.

"Saya yakin kunjungan ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pelatihan C-130 J dan C-130, agar TNI Angkatan Udara mampu meningkatkan kemampuan operasionalnya dari pesawat tersebut," kata dia.

Dia juga menyatakan pesawat Hercules C-130 yang telah dimiliki saat ini menjadi andalan TNI AU dalam setiap operasi militer, bantuan kemanusiaan, dan penanggulangan bencana.

"Terlebih lagi di tengah pandemi Covid-19, C-130 TNI AU memiliki peran penting dalam upaya penanganannya, terutama dalam mendistribusikan vaksin Covid-19 dan berbagai peralatan medis ke seluruh wilayah Indonesia," pungkas dia.

Dikutip dari berbagai sumber, saat ini Indonesia memiliki sekitar 30an unit pesawat Hercules C-130. Pesawat itu dioperasikan tiga skadron udara yakni Skadron Udara 31 Landasan Udara Halim Perdanakusuma di Jakarta, Skadron Udara 32 Landasan Udara Abdul Rachman Saleh di Malang, Jawa Timur, dan Skadron Udara 33 di Landasan Udara Sultan Hassanudin di Makassar, Sulawesi Selatan.

Mayoritas pesawat Hercules C-130 yang dimiliki berusia tua dibuat pada 1960-1990.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/indonesia-beli-pesawat-hercules-c-130j-seri-terbaru-dari-lockheed-martin-/2359656
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement