Kamis 09 Sep 2021 18:11 WIB

UMY Jadi PTM Pertama Raih Akreditasi Unggul

Pengakuan unggul BAN-PT memberi jaminan akan kualitas mutu pendidikan UMY.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UMY.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UMY.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil mendapat akreditasi unggul. Kepala Badan Penjaminan Mutu UMY, Evi Rahmawati mengatakan, UMY menjadi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) pertama meraih akreditasi perguruan tinggi unggul.

"Alhamdulillah, UMY berhasil meraih APT Unggul dengan nilai total 369. Artinya, UMY memiliki prestasi dan kemampuan unggul dari mutu pendidikannya. Pengakuan unggul BAN-PT memberi jaminan akan kualitas mutu pendidikan UMY," kata Evi, Kamis (9/9).

UMY memiliki 50 standar mutu dalam penjaminan kualitas pendidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi. UMY mengimplementasikan siklus penjaminan mutu antara lain dalam penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan 50 standar.

Ia menerangkan, ada perbedaan akreditasi yang diraih 2018 dan 2021 karena pada 2018 BAN-PT hanya menggunakan tujuh standar penilaian, tapi 2021 ada sembilan standar. Jadi, secara resmi UMY mendapatkan peringkat akreditasi unggul pada 2021.

Pada 2018 terjadi transisi karena BAN-PT menerapkan sembilan standar dengan istilah peringkat unggul, baik sekali dan baik. Sehingga, dari 2018 UMY yang masih memakai tujuh standar dengan peringkat A, pada 2021 dikonversi menggunakan sembilan standar.

 

Hal itu dilakukan melalui pengajuan Instrumen Suplemen Konversi (ISK). Dengan diraihnya akreditasi unggul ini, Evi turut berharap, mahasiswa/i UMY menjadi lulusan yang mampu bersaing dalam skala nasional maupun internasional.

"Saya berharap, lulusan UMY dapat diakui tida hanya di skala nasional, tapi skala internasional. Menjadi lulusan yang mempunyai jiwa kompetitif tinggi dan kualitas mumpuni," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement