Kamis 09 Sep 2021 16:48 WIB

Ini Sanksi untuk Liverpool Jika Turunkan Pemain Brasil

Alisson Becker, Roberto Firmino, dan Fabinho dilarang tampil di Liverpool oleh FIFA.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Liverpool Fabinho
Foto: AP/Laszlo Balogh
Pemain Liverpool Fabinho

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Liverpool tidak akan bisa memainkan tiga pemain Brasil milik mereka, Alisson Becker, Roberto Firmino, dan Fabinho saat menghadapi Leeds United akhir pekan nanti. Itu karena ketiga pemain itu telah dilarang oleh FIFA atas permintaan FA Brasil.

Trio Brasil itu akan absen pada pertandingan di Elland Road akhir pekan, tetapi memenuhi syarat untuk pertandingan grup pembuka Liga Champions di kandang melawan AC Milan pada pertengahan pekan depan.

Bagaimana jika Liverpool memutuskan untuk tetap memainkannya? Hukuman apa yang akan mereka hadapi?

Jawabannya, menerjunkan pemain yang tidak memenuhi syarat berada di bawah bagian 22 dari kode disiplin FIFA.

"Jika seorang pemain diturunkan dalam pertandingan meskipun tidak memenuhi syarat, tim tempat pemain tersebut berasal akan dikenai sanksi dengan membatalkan pertandingan dan membayar denda minimum 6.000 Franc Swiss atau setara Rp 93 juta. Pemain juga bisa terkena sanksi," demikian bunyi aturan FIFA.

Bahkan, Liverpool juga terancam dinyatakan kalah 0-3 jika tetap memaksakan kehendak. 

Jadi, pada dasarnya, jika Liverpool menurunkan salah satu pemain Brasil, mereka akan didenda setidaknya 4.725 Poundsterling dan akan diberikan kekalahan 0-3, kecuali jika mereka dikalahkan dengan margin yang lebih besar di lapangan dalam hal ini hasilnya tetap berlaku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement