Kamis 09 Sep 2021 12:26 WIB

Presiden Ingatkan Pentingnya Pembinaan untuk Raih Prestasi

Raihan prestasi hanya dapat dihasilkan melalui pembinaan dari hulu hingga hilir.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Mas Alamil Huda
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo saat melakukan panggilan video atau video call dengan atlet peraih medali emas Paralimpiade Tokyo 2020, Ahad (5/9).
Foto: Dokumen Istimewa
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo saat melakukan panggilan video atau video call dengan atlet peraih medali emas Paralimpiade Tokyo 2020, Ahad (5/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar prestasi di bidang olahraga harus terus ditingkatkan. Jokowi menilai, raihan prestasi ini hanya dapat dihasilkan melalui proses pembinaan dari hulu hingga hilir yang sistematis dan berkelanjutan. 

“Kita harus fokus bekerja untuk mencetak talenta-talenta hebat di bidang olahraga agar lahir semakin banyak, semakin unggul berprestasi, yang akan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, yang berpotensi besar mendulang medali olimpiade,” kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Olahraga Nasional, Kamis (9/9).

Presiden mengatakan, Hari Olahraga Nasional ini diperingati dengan catatan prestasi yang membanggakan, yakni raihan berbagai medali dalam ajang olimpiade dan paralimpiade Tokyo 2020. Capaian prestasi yang menginspirasi seluruh bangsa ini tak hanya membuat masyarakat bangga, namun juga memacu lahirnya prestasi olahraga yang lebih gemilang di masa mendatang.

“Apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras para atlet, ketekunan dari para pelatih yang mampu mengasah talenta-talenta hebat sehingga mengharumkan nama bangsa melalui prestasi-prestasi olahraga,” ujarnya.

Jokowi menyebut, Indonesia memiliki bibit unggul di berbagai cabang olahraga, seperti bulu tangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, dayung, dan senam artistik. Selain itu juga terdapat dua cabang olahraga lainnya yang perlu disiapkan dengan baik yaitu pencak silat dan wushu.

Karena itu, presiden meminta seluruh pemangku kepentingan untuk bersinergi menciptakan ekosistem industri olahraga yang semakin modern, menyelenggarakan berbagai kompetisi olahraga yang sehat dan memacu prestasi, dan menemukan talenta-talenta unggul sejak dini.

“Sehingga menjadi fondasi yang kuat untuk memajukan dunia olahraga di Indonesia,” tambah dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement