Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dr. Abu Fayadh Muhammad Faisal, M.Pd

Manfaat Olah Raga dalam Dienul Islam

Olahraga | Thursday, 09 Sep 2021, 09:01 WIB
#AyoBerolahraga

*Manfaat olahraga dalam Dienul Islam*

Tidak seorang pun ahli medis baik muslim maupun non muslim yang meragukan manfaat olah raga bagi kesehatan manusia. Dalam buku yang berjudul *''Pemeliharaan Kesehatan dalam Islam''* oleh Dr. Mahmud Ahmad Najib (Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Ain-Syams Mesir), ditegaskan bahwa olah raga sangat berguna bagi kesehatan manusia jika dia mau sehat. Olahraga merupakan kebutuhan hidup manusia, sebab apabila seseorang melakukan olahraga dengan teratur akan membawa pengaruh yang baik terhadap perkembangan jasmaninya.

Selain dari berguna bagi pertumbuhan kepada perkembangan jasmani manusia, juga memberi pengaruh kepada perkembangan rohaninya, pengaruh tersebut dapat memberikan efesiensi kerja terhadap alat-alat tubuh, sehingga peredaran darah, pernafasan dan pencernaan menjadi teratur.

Beberapa anggota Majelis Ulama Indonesia/MUI Pusat mempunyai pandangan yang sama tentang hukum olahraga menurut ajaran Islam, bahwa hukum olahraga adalah SUNNAH atau dianjurkan melakukannya menurut ajaran Islam selama pelaksanaannya menurut ajaran Islam.

*Olahraga yang dianjurkan RASULULLOH Shallallohu 'Alaihi Wa Sallam ada Enam*

1. *Berkuda*

Olahraga pertama yang dianjurkan Rasululloh adalah berkuda. Dari hadist riwayat Ahmad, menyebutkan jika Umar pernah berkata, “Ajarkanlah anak-anakmu berenang dan memanah, dan perintahkan lah mereka supaya melompat di atas punggung kuda”.

Olah raga berkuda juga memiliki beberapa manfaat untuk tubuh diantaranya adalah :

Melatih koordinasi dan fleksibilitas tubuh.

Memberikan dampak baik secara psikologis. ...

Membentuk otot perut. ...

Otot punggung lebih kuat dan postur tubuh membaik. ...

Mengencangkan otot paha. ...

Membakar kalori.

*2. Memanah*

Selain naik kuda, Rasululloh juga berlatih memanah. Nabi bersabda: “Ketahuilah bahwa yang dimaksud kekuatan itu adalah memanah, beliau ucapkan kata-kata itu hingga tiga kali”. (HR. Muslim)

Olah raga memanah juga memiliki beberapa manfaat untuk tubuh seperti :

Menjaga Kesehatan Jantung. Olahraga panahan dapat menormalkan detak jantung dan menurunkan risiko serangan jantung jika dilakukan rutin. ...

Melatih Keseimbangan Tubuh. ...

Menguatkan Otot Tubuh Bagian Atas. ...

Melatih Fokus. ...

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

*3. Lari*

Olahraga lari juga salah satu olahraga yang diajarkan Rasululloh. Dari Aisyah mengatakan, “Rasululloh Shallallohu 'Alaihi Wa Sallam bertanding denganku dan aku menang. Kemudian aku berhenti, sehingga ketika badanku menjadi agak gemuk, Rasululloh Shallallohu 'Alaihi Wa Sallam bertanding lagi denganku dan ia menang”. (HR. Ahmad dan Abu Daud)

*4. Jalan Cepat*

Ternyata Rasululloh juga olah raga dengan jalan cepat. Siti Aisyah berkata, “Tiada satu pun kulihat lebih indah daripada Rasululloh Shallallohu 'Alaihi Wa Sallam seolah-olah mentari beredar di wajahnya. Juga tiada seorang pun yang kulihat lebih cepat jalannya daripada Rasululloh Shallallohu 'Alaihi Wa Sallam seolah-olah bumi ini dilipat untuknya. Sungguh, kami harus bersusah payah melakukan hal itu, sedang Rasulullah tidak memedulikannya”. (HR. Tirmidzi).

*5. Renang*

Olahraga yang diajarkan Rasululloh selanjutnya adalah renang. Nabi pernah bersabda, “Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrulloh merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan. Kecuali empat perkara, yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan berenang”. (HR. An-Nasa’i).

*6. Gulat*

Bisa jadi Anda tidak menyangka jika Rasululloh juga menyukai olahraga gulat. Hal tersebut di jelaskan dari kitab Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam, tahqiq al-Halabi, 1: 390-391. Pada kitab tersebut diriwayatkan Ibnu Ishaq, Nabi Muhammad bin Abdullah Shalallohu' Alaihi Wa Sallam pernah menantang gulat seorang laki-laki paling kuat dari suku Quraisy yang bernama Rukanah bin Abdu Yazid bin Hisyam bin Abdul Muthalib bin Abdu Manaf al-Muthallibi.

Salah satu kunci yang menjadi kesepakatan dalam pertarungan gulat tersebut yaitu, apabila Rasululloh menang Rukanah akan dengan suka rela masuk Islam.

Benar saja, meski Rukanah terkenal dengan dengan kekuataannya, namun Rukanah justru tidak berdaya saat melawan Nabi. Bahkan diriwayatkan jika pertandingan tersebut hingga diulang dua atau tiga kali, MasyaAlloh itulah Islam menganjurkan Berolahraga bahkan tanggal 09 September yang juga Hari Miladnya Penulis (Abu Fayadh Muhammad Faisal Al Jawy al-Bantani) dijadikan *HARI OLAH RAGA NASIONAL* dan Selamat HARI OLAH RAGA NASIONAL 2021 *"Men Sana In Corpore Sano"* Artinya adalah *"Di dalam tubuhyang sehat terdapat jiwa yang sehat"*. Semoga Info ini Bermanfaat, Barokallohu' fiikum.

Alfaqir Ilalloh Azza Wa Jalla,

*Al Ustadz Abu Fayadh Muhammad Faisal Al Jawy al-Bantani, S.Pd, M.MPd, M.Pd, I* Hafizhahulloh Ta'ala

Arsip Foto Pribadi

Seorang Hamba yang mengharap Ridho RabbNya *

(Aktivis Anti Pemurtadan dan Aliran Sesat, Praktisi dan Pengamat PAUDNI/Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal, Aktivis Pendidikan dan Kemanusiaan, Domisili di Bekasi Kota dan Kabupaten Bekasi/Babelan City, Jawa Barat)

* *Bacalah info ini:* https://www.lensaislam.com/abu-fayadh-muhammad-kemunduran-dalam-dunia-pendidikan-adalah-kehancuran-sebuah-bangsa/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image