Kamis 09 Sep 2021 07:49 WIB

PM Jepang akan ke AS Bahas Perlawanan Pengaruh China

PM Jepang akan bertemu pemimpin AS, Australia, dan India

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
 Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga
Foto: AP/Kyodo News
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Kantor berita Kyodo melaporkan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga akan berkunjung ke Washington pada bulan ini. Kunjungannya itu dalam rangka bertemu dengan pemimpin Amerika Serikat (AS), Australia, dan India.

Kerja sama empat negara yang disebut the Quad itu dapat dianggap bagian penting perlawanan mereka terhadap China di Indo-Pasifik. Pada Rabu (8/9), Kyodo melaporkan selain rapat dengan anggota Quad tampaknya Suga akan juga menggelar pertemuan sampingan dengan Presiden AS Joe Biden.

Baca Juga

Dalam laporan itu, Kyodo mengutip 'sejumlah' sumber pemerintah Jepang yang tidak disebutkan namanya. Pada bulan April lalu, Suga kepala negara pertama yang bertemu langsung dengan Biden.

Di pertemuan tersebut ditekankan peran penting Jepang dalam upaya AS menahan gerakan agresif China. Masa jabatan Suga sebagai ketua partai berkuasa Liberal Democratic Party (LDP) yang menjadikan perdana menteri berakhir bulan September ini.

Ia tidak akan maju dalam pemilihan ketua partai LDP pada 29 September mendatang. Ketua partai berkuasa itu dijamin akan menjadi perdana menteri karena LDP memiliki suara mayoritas di parlemen.

Mantan menteri luar negeri Fumio Kishida dan mantan menteri dalam negeri Sanae Takaichi juga memberi sinyal maju dalam pemilihan tersebut. Takaichi diperkirakan segera mengumumkan pencalonannya dan bila menang, ia akan menjadi perdana menteri perempuan pertama Jepang. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement