Kamis 09 Sep 2021 07:33 WIB

Pakai Hidrogen Peroksida untuk Putihkan Gigi, Amankah?

Video TikTok promosikan berkumur dengan hidrogen peroksida untuk putihkan gigi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan gigi putih bersih. Berkumur dengan hidrogen peroksida tidak dianjurkan.
Foto: EPA
Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan gigi putih bersih. Berkumur dengan hidrogen peroksida tidak dianjurkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pendiri Dentologie di Amerika Serikat, Dr Suhail Mohiuddin, tak mendukung berkumur dengan hidrogen peroksida untuk memutihkan gigi. Ia menjelaskan, hidrogen peroksida dapat menyebabkan nekrosis jaringan dan peradangan kronis pada gusi jika digunakan secara rutin.

Mohiuddin memberikan penjelasan tersebut sebagai respons atas video TikTok yang memperlihatkan berkumur dengan hidrogen peroksida langsung dari botolnya. Singkatnya, penggunaan hidrogen peroksida bisa membuat gusi nyeri kemerahan atau kematian jaringan dalam mulut.

Baca Juga

"Kandungan hidrogen peroksida memang dapat memutihkan gigi, tapi itu hanya boleh digunakan di dalam strip pemutih," kata Chief Dental Officer di Hello Tend, Dr. Chris Salierno, dilansir laman Men’s Health, Rabu (8/9).

Menurut Dr. Salierno, berkumur dengan hidrogen peroksida bukan metode pemutihan gigi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA). Hal itu tidak didukung penelitian dan berbahaya.

Hidrogen peroksida adalah bahan aktif utama dari sebagian besar produk pemutih gigi. Senyawa tersebut hanya boleh digunakan pada gigi melalui metode tertentu, seperti yang direkomendasikan Dr. Mohiuddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement