Rabu 08 Sep 2021 19:00 WIB

Zubair bin Awwam, Sahabat Nabi yang Jago Berkuda

Zubair bin Awwal adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang hebat berkuda.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Sahabat Nabi (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika.co.id
Sahabat Nabi (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Zubair bin Awwal adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang hebat dalam menunggang kuda. Ia juga ahli dalam memimpin prajurit. Dahulu ibunya pernah memukulnya, lalu salah seorang anggota keluarganya menegur ibunya.

Dalam 'Tokoh-tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah' karya Syaikh Muhammad Sa'id Mursi, yang diterjemahkan Khoirul Amru Harahap dan Achmad Faozan, terbitan Pustaka Al-Kautsar, disebutkan bahwa ibu Zubair menjelaskan mengapa dia memukul anaknya itu. Jawaban ini disampaikan melalui syair: "Aku memukulnya agar ia tangkas menunggang kuda, memimpin prajurit dan menjadi orang berguna."

Baca Juga

Harapan ibunya pun menjadi kenyataan karena Zubair bin Awwam menjadi seorang penunggang kuda yang hebat. Dia juga adalah orang pertama yang menghunus pedangnya setelah memperoleh berita bahwa Nabi SAW terbunuh dalam perang Uhud.

Di dada Zubair terdapat bekas luka tusukan tombak dan anak panah yang bentuknya seperti mata. Zubair tidak pernah menjabat sebagai gubernur dan hanya pernah menjabat sebagai panglima perang di jalan Allah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement