Rabu 08 Sep 2021 17:02 WIB

AAP Rekomendasikan Vaksin Flu Bagi Anak 6 Bulan ke Atas

Vaksin flu dapat ditunda pemberiannya pada anak positif Covid-19 gejala sedang-parah.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin flu. Selama pandemi Covid-19, serangan flu pada anak-anak juga perlu diwaspadai.
Foto: EPA-EFE/LUIS TEJIDO
Vaksin flu. Selama pandemi Covid-19, serangan flu pada anak-anak juga perlu diwaspadai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan anak-anak berusia enam bulan ke atas harus menerima vaksin flu pada musim gugur ini. Namun, anak-anak yang sedang berjuang sembuh dari Covid-19 gejala sedang hingga parah harus menunda suntikan vaksin tersebut sampai mereka pulih.

Perhimpunan dokter anak di Amerika Serikat ini mengkhawatirkan peningkatan kasus flu di tengah aktivitas pembukaan sekolah. Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Selasa (7/9), AAP menyatakan bahwa vaksin flu aman, efektif, dan dapat diberikan bersamaan dengan imunisasi rutin lainnya, termasuk vaksin Covid-19.

Baca Juga

"Selama pandemi Covid-19, penting untuk diingat bahwa influenza juga merupakan virus pernapasan yang sangat menular yang dapat menyebabkan penyakit parah, bahkan kematian pada anak-anak," kata Flor Munoz, penulis utama pernyataan kebijakan dan laporan teknis yang dikembangkan oleh Komite AAP untuk penyakit menular. seperti dikutip dari laman Fox News, Rabu (8/9).

AAP tidak memilih atau merekomendasikan jenis vaksin flu tertentu bagi anak. Menurut AAP, vaksin semprot hidung atau suntikan dapat disesuaikan dengan usia dan kesehatan anak-anak.

Rekomendasi lainnya termasuk vaksinasi flu di antara anak-anak dalam kelompok berisiko tinggi. Mereka yang alergi telur dan ibu hamil serta pascapersalinan juga direkomendasikan mendapatkan vaksin flu karena tidak ada kontraindikasinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement