Rabu 08 Sep 2021 13:51 WIB

Aktornya Puji Israel, Warganet Serukan Boikot Money Heist

Pemain tokoh Helsinki, Darko Peric, memuji-muji israel.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Daftar pemain aktor dan aktris Korea yang akan bermain dalam remake
Foto: Netflix.
Daftar pemain aktor dan aktris Korea yang akan bermain dalam remake

IHRAM.CO.ID, TEL AVIV -- Seruan boikot serial Money Heist semakin ramai digaungkan warganet baru-baru ini. Adanya pemeran yang memuji Israel dalam wawancara TV, membuat para pengguna media sosial geram sehingga menyerukan boikot kepada drama kriminal tersebut.

Dilansir dari Middle East Eye, Selasa (7/9), menjelang perilisan season kelima, aktor dari serial populer tersebut muncul di Saluran 12 Israel pekan lalu untuk mempromosikan kembalinya serial tersebut. Namun ketika ditanya tentang kunjungannya ke Israel, pemain tokoh Helsinki, Darko Peric, memuji-muji israel.

“Itu adalah pengalaman yang luar biasa dan saya berharap untuk kembali lagi.  Saya tahu ada banyak penggemar di sini, dan orang-orang di sini hebat,” jelasnya.

“Ketika orang bepergian ke Israel, mereka selalu berbicara tentang keamanan yang ketat dan tindakan polisi, tetapi ketika saya tiba di sini bahkan polisi ingin berfoto dengan saya.  Itu bagus!” tambahnya.

Aktor Spanyol-Armenia Hovik Keuchkerian mengungkapkan keinginannya untuk mengunjungi Israel, mencatat bahwa dia telah mendengar "hal-hal indah" tentang negara itu. Dia kemudian memuji Fauda, ​​sebuah drama Israel tentang unit yang menyamar, mistaravim, yang pasukan komandonya melakukan misi di wilayah pendudukan Palestina sambil menyamar sebagai orang Arab.

Fauda diciptakan oleh jurnalis Avi Issacharoff dan aktor Lior Raz, sebagian berdasarkan pengalaman mereka di tentara Israel, dan konsultannya termasuk Gonen Ben-Yitzhak, mantan koordinator keamanan Israel dan komando elit.

Siaran ini telah banyak dikritik oleh editor dan komentator, yang menuduh pertunjukan itu mengeksploitasi penderitaan Palestina dan mengubahnya menjadi hiburan.

Komentar yang memuji Israel telah memicu reaksi keras secara online, dengan pengguna menyerukan boikot acara tersebut dan menulis ulasan negatif. “Sementara jutaan penggemar Money Heist menunggu musim kelima, pemain dari acara yang sukses muncul di saluran Israel, menyatakan dukungan mereka untuk pendudukan Israel dan merayakan kegiatan kriminalnya terhadap Palestina,” tulis seorang pengguna Twitter.

Beberapa pengguna Twitter meminta Alba Flores, salah satu pemeran acara, untuk berbicara menentang lawan mainnya. Sebelumnya, Flores pernah membuat tweet pada 15 Mei sebagai bentuk solidaritas Palestina selama agresi Israel di Gaza yang mengakibatkan kematian sedikitnya 248 orang.

“Tidak ada pembenaran untuk pembantaian itu.  Semua dukungan kami untuk rakyat Palestina.  #PalestineUnderAttack #FreePalestine,” tulisnya di Twitter.

Peric dan Keuchkerian bukan bintang Money Heist pertama yang memuji Israel. Lawan mainnya, Jaime Lorente, memuji negara itu selama kunjungan tahun 2019.

“Ketika mereka berbicara kepada saya tentang pergi ke Israel, saya langsung setuju.  Saya telah mendengar banyak tentang negara yang menakjubkan ini dan betapa istimewanya itu dan tentang kehidupan malam Tel Aviv dan makanan yang lezat.  Saya ingin rekomendasi tempat makan hummus dan falafel,” katanya saat itu.

Beberapa pengguna media sosial turun ke situs basis data IMDb untuk memposting komentar dan ulasan negatif tentang acara tersebut, setelah wawancara. “Para pemain harus berhenti menunjukkan cinta mereka pada negara apartheid yang membunuh warga Palestina, menghancurkan rumah mereka dan mencuri tanah mereka,” tulis satu komentar, dengan peringkat satu dari sepuluh.

Ulasan lain menuduh pertunjukan itu seakan mendukung yang tertindas namun mereka secara terbuka mendukung pendudukan Zionis atas Palestina.

Pekan lalu, pengunjuk rasa Palestina yang menyamar sebagai karakter dari La Casa de Papel berpartisipasi dalam demonstrasi menentang pos terdepan Israel ilegal di Beita, Selatan Nablus, di Tepi Barat yang dijajah. Pengguna di media sosial mengatakan bahwa komentar negatif dapat membantu meningkatkan kesadaran tentang perjuangan Palestina.

“Mengurangi rating serial ini tidak akan membebaskan Palestina, tetapi akan mempengaruhi produksi dan mempengaruhi pemirsa dan iklan jika kampanye tersebut menjadi global,” saran pengguna Twitter Ahmed Shehade.

“Seperti ketika kami berhasil menurunkan peringkat Facebook dan Instagram di Google Play dan App Store, kami mampu mengukir prestasi dan menurunkan peringkat seri La Casa de Papel di IMDb,” kata akun satir Palestina Meshhek.

“Kita harus memiliki suara yang menyampaikan pesan kepada produser serial bahwa bintang serial yang memuji pendudukan tidak akan luput dari perhatian,” tambahnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement