Rabu 08 Sep 2021 02:33 WIB

Daniel James Dinilai tidak Penuhi Standar MU

Sementara gaya permainan James tersebut tidak cocok diterapkan di MU.

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Daniel James dari Manchester United melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua timnya dalam pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Newcastle di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Minggu 21 Februari 2021.
Foto: AP/Stu Forster/POOL Getty
Daniel James dari Manchester United melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua timnya dalam pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Newcastle di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Minggu 21 Februari 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United mencapai kesepakatan dengan Leeds United terkait tranfer winger asal Wales, Daniel James.

Dengan nilai transfer dikabarkan mencapai 25 juta poundsterling, James akhirnya mendarat di klub yang sempat begitu dekat memboyongnya pada pertengahan musim 2018/2019 tersebut.

Pada Januari 2019, winger berusia 23 tahun itu memang tinggal selangkah lagi menjadi penggawa anyar Leeds United. Namun, pada menit-menit terakhir penutupan jendela transfer pemain, Swansea City selaku klub pemilik James menarik diri dari negosiasi.

Kepindahan itu urung terjadi, meski James dikabarkan sudah lolos tes medis di Leeds United. James resmi meninggalkan Swansea City dan merapat ke Manchester United pada awal musim 2019/2020.

Pada musim debutnya, James kerap mendapatkan kepercayaan dari pelatih Ole Gunnar Solskjaer. Jebolan tim junior Swansea City itu mengemas 33 caps di pentas Liga Primer Inggris musim 2019/2020.

Namun, pada musim keduanya bersama United, menit bermain James terus menurun dengan hanya tampil di 15 partai Liga Primer Inggris. Pada jendela transfer musim panas kali ini, United akhirnya menerima tawaran Leeds United untuk bisa merekrut pengoleksi 25 caps buat timnas Wales tersebut.

Mantan kapten dan bek tengah United, Rio Ferdinand, menilai, langkah manajemen United untuk melepas James adalah langkah yang tepat. Menurutnya, selama dua musim memperkuat United, James tidak bisa memenuhi standar permainan United.

Kendati begitu, Ferdinand mengakui, James bisa memberikan dampak yang cukup besar buat permainan Leeds United. ''Daniel James, saya rasa, dia tidak memenuhi standar untuk memperkuat United.”

“Namun, tentu saja, dia sudah memenuhi standar Liga Primer Inggris dan sesuai dengan gaya permainan Leeds United. Mereka bisa merepotkan tim-tim lain,'' tutur Ferdinand dalam unggahan di channel YouTubenya seperti dilansir Triball Football, Selasa (7/9).

Ferdinand menyebut, James merupakan tipikal pemain yang mengandalkan kecepatan dan ruang permainan yang cukup besar. Gaya permainan ini, kata Ferdinand, akan sesuai dengan model permainan Leeds United di bawah kendali Marcelo Bielsa.

Sementara gaya permainan James tersebut tidak cocok diterapkan di United. ''Di Leeds United, James akan mendapatkan bola dan langsung merangsek ke depan. Itu sesuai dengan gaya permainannya.”

“Dia menyukai ruang permainan yang cukup besar. Kepindahan Daniel James ke Leeds United merupakan kepindahan yang menguntungkan semua pihak,'' kata Ferdinand.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement