Selasa 07 Sep 2021 18:47 WIB

Ribuan Santri Cirebon Ikuti Vaksinasi Merdeka

Animo para santri dan warga untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 tinggi.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Hiru Muhammad
Ribuan santri dari tiga pondok pesantren di Kabupaten Cirebon, mengikuti Vaksinasi Merdeka, pada 6 – 7 September 2021. Yakni, Pondok Pesantren Gedongan, Khas Kempek dan Buntet Pesantren
Foto: Humas Polresta Cirebon
Ribuan santri dari tiga pondok pesantren di Kabupaten Cirebon, mengikuti Vaksinasi Merdeka, pada 6 – 7 September 2021. Yakni, Pondok Pesantren Gedongan, Khas Kempek dan Buntet Pesantren

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON--Ribuan santri dari tiga pondok pesantren di Kabupaten Cirebon, mengikuti vaksinasi Merdeka. Kegiatan itu diselenggarakan oleh Polri dan staf khusus presiden.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, menjelaskan, vaksinasi merdeka itu dilaksanakan untuk sektor pesantren dan rumah ibadah. Kegiatan tersebut dilakukan serentak di seluruh Indonesia dan mendapatkan perhatian langsung dari presiden.‘’Ada video conference langsung juga dengan presiden,’’ ujar Arif, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Pondok Pesantren Buntet Cirebon, Selasa (7/9).

Arif menyebutkan, tiga pesantren yang terlibat dalam kegiatan vaksinasi merdeka adalah Pondok Pesantren Gedongan, Khas Kempek dan Buntet Pesantren. Kegiatan yang diselenggarakan pada 6-7 September 2021 itu menargetkan vaksinasi terhadap 6.000 santri di Kabupaten Cirebon.‘’Ini merupakan bagian dari upaya percepatan herd immunity,’’ tukas Arif.

Arif mengatakan, animo para santri dan warga untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 tinggi. Dia mencontohkan, untuk vaksinasi di Pondok Buntet Pesantren, target awal hanya 2.000 orang yang akan diberikan vaksin.

Namun ternyata, jumlah peserta yang mendaftar melebihi kuota. Hal tersebut membuat pihaknya menaikan kuota hingga 3.000 orang.‘’Animo yang tinggi ini harus dijaga, sehingga kita tambah slotnya,’’ kata Arif.

Arif menambahkan, pihaknya tak hanya mengadakan kegiatan vaksinasi di pondok pesantren saja. Namun juga di sejumlah lokasi yang menjadi pusat aktivitas masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni, menyambut baik adanya vaksinasi untuk santri di Kabupaten Cirebon. Menurutnya, dukungan vaksinasi akan membantu Pemkab Cirebon dalam mempercepat herd immunity.‘’Sekarang baru 25,98 persen dari target 1,7 juta yang divaksin,’’ terang Eni.

Hal senada diungkapkan Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Pondok Buntet Pesantren, KH Salman Al-Farisi. Dia menyampaikan sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan vaksinasi untuk santri.

Dengan adanya vaksinasi, lanjut Salman, membuat para santri menjadi lebih tenang dan nyaman dalam belajar. Apalagi, jumlah santri Pondok Buntet Pesantren mencapai ribuan orang sehingga membuat interaksi santri sangat intens.‘’Vaksinasi ini sangat membantu pondok pesantren dan memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi para santri,’’ kata Salman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement