Rabu 08 Sep 2021 06:02 WIB

Biji Kurma Bisa Jadi Alternatif Kopi?

Selama ini, biji kurma mungkin lebih sering dibuang begitu saja.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Selama ini, biji kurma mungkin lebih sering dibuang begitu saja.
Foto: Pixy.org
Selama ini, biji kurma mungkin lebih sering dibuang begitu saja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini, biji kurma mungkin lebih sering dibuang begitu saja. Padahal, biji kurma bisa dimanfaatkan sebagai alternatif kopi yang tak kalah menyegarkan.

Seperti diketahui, tak semua orang bisa mengonsumsi kafein dengan nyaman. Sebagian orang bisa mengalami efek seperti cemas setelah mengonsumsi kafein. Penggunaan biji kurma dapat menjadi alternatif kopi yang lebih natural dibandingkan kopi decaf atau tanpa kafein.

Baca Juga

Seperti dilansir First For Women, Selasa (7/9), "kopi" yang terbuat dari biji kurma memiliki rasa dan aroma yang hampir sama dengan kopi biasa. Di samping itu, biji kurma juga diketahui memiliki beberapa keunggulan.

Sebuah penelitian menyoroti bahwa biji kurma kaya akan antioksidan, salah satunya adalah asam oleat. Selain itu, biji kurma juga mengandung serat pangan dan polifenol yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menunjang kesehatan.

Membuat kopi dari biji kurma juga tidak terlalu rumit menurut resep yang dibagikan oleh Carleigh Bodrug dari Plant You. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan sekitar delapan buah kurma. Pisahkan biji dari buah kurma.

Setelah itu, siapkan loyang yang dilapisi oleh kertas roti. Taruh seluruh biji kurma di atas loyang tersebut. Panggang biji kurma dalam suhu 400 derajat Fahrenheit atau sekitar 204,4 derajat Celsius. Panggang selama 40 menit atau sampai biji kurma tampak berwarna cokelat keemasan.

Diamkan biji kurma selama 10 menit. Langkah selanjutnya, siapkan penggiling kopi atau food processor untuk menggiling biji kurma hingga mencapai tingkat kekasaran sedang.

Dari situ, biji kurma bisa diseduh seperti biji kopi biasa. Salah satunya dengan memasukkan beberapa sendok biji kurma yang sudah digiling ke dalam mesin kopi. Biji kurma yang sudah digiling ini juga bisa dicampur dengan kopi biasa untuk menghasilkan minuman kopi dengan tingkat kafein yang lebih rendah.

Kopi yang terbuat dari biji kurma ini memiliki rasa pahit yang mirip dengan kopi pada umumnya. Selain itu, kopi dari biji kurma memiliki note karamelisasi seperti kopi medium roasted atau dark roasted dengan nuansa buah-buahan pada aftertaste-nya.

Bagi yang tak menyukai kopi pahit, kopi biji kurma ini bisa ditambahkan dengan pemanis atau susu. Pemanis atau susu ini bisa menyeimbangkan rasa pahit dari kopi biji kurma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement