Selasa 07 Sep 2021 16:00 WIB

Jelang Ulang Tahun Jimin, Weibo Tangguhkan Akun Fans BTS

Dianggap bikin penggalangan dana ilegal, akun Weibo penggemar BTS ditangguhkan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Weibo, media sosial populer di China. Akun Weibo penggemar BTS ditangguhkan sementara akibat menggalang dana untuk memperingati ulang tahun Jimin BTS.
Foto: EPA
Weibo, media sosial populer di China. Akun Weibo penggemar BTS ditangguhkan sementara akibat menggalang dana untuk memperingati ulang tahun Jimin BTS.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING — Platform media sosial China, Weibo, menangguhkan sejumlah akun yang diduga melakukan kegiatan "irasional". Akun basis penggemar band K-pop populer Korea Selatan BTS termasuk yang kena pembekuan.

Akun Weibo mereka dilarang mengunggah apa pun selama 60 hari. Para penggemar BTS diduga telah melakukan pengumpulan dana secara ilegal.

Baca Juga

Akun fan club tersebut memiliki lebih dari 1,1 juta pengikut di Weibo. Pembatasan pada akun tersebut dilakukan seiring kampanye China untuk membersihkan industri hiburan dan menekan "perilaku irasional" yang ditunjukkan oleh penggemar.

Weibo melakukan penangguhan akun setelah foto-foto pesawat khusus dari Jeju Air dengan gambar Jimin di atasnya beredar luas di media sosial. Kabarnya, foto itu adalah bagian dari rencana klub untuk merayakan ulang tahun sang idola yang ke-26 pada bulan Oktober.

Pemblokiran akun menuai kritik cepat secara daring. Menyusul reaksi tersebut, Weibo pun mengeluarkan pernyataan yang mendesak penggemar untuk menjadi "rasional" ketika mengejar selebritas demi "lingkungan internet yang harmonis dan sehat."

Weibo menyatakan bahwa kelompok itu telah dilarang mem-posting apapun selama 60 hari setelah ditemukan adanya pengumpulan dana secara ilegal.

"Weibo dengan tegas menentang perilaku mengejar bintang yang tidak rasional dan akan menanganinya dengan serius," tegas pernyataan itu, dilansir AP, Selasa (07/09).

Klub penggemar mulai mengumpulkan uang pada bulan April untuk mempersiapkan perayaan ulang tahun Jimin, menurut media milik pemerintah Global Times. Lebih dari 1 juta yuan, sekitar Rp 2,1 miliar dikumpulkan dalam tiga menit pertama dari kegiatan penggalangan dana. Dana terkumpul 2,3 juta yuan, sekitar Rp 5,1 miliar, di jam pertama.

Klub juga berencana untuk memasang iklan merayakan ulang tahun Jimin di surat kabar seperti The New York Times. Bukan hal yang aneh bagi penggemar K-pop di seluruh dunia untuk merayakan ulang tahun selebritas favorit mereka dengan memasang iklan di surat kabar dan papan reklame atau membayar agar foto idolanya terpasang di kendaraan angkutan umum.

Banyak penggemar juga menggalang dana untuk disumbangkan sebagai tujuan amal seperti mendanai pendidikan bagi mereka yang kurang mampu atau mensponsori hewan liar dengan nama bintang sebagai bagian dari perayaan tersebut. Dalam pernyataan terpisah, Weibo juga telah melarang 21 akun penggemar lainnya selama 30 hari karena mengunggah konten "mengidolakan bintang yang tidak rasional".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement