Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Gubernur kalteng Tinjau Lokasi Banjir di Katingan

Selasa 07 Sep 2021 15:13 WIB

Red: Hiru Muhammad

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengunjungi posko pengungsian korban terdampak banjir di Desa Telangka, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin (7/9) dini hari.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengunjungi posko pengungsian korban terdampak banjir di Desa Telangka, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin (7/9) dini hari.

Foto: dok. Istimewa
Meminta KPD untuk pastikan semua bantuan tepat sasaran

REPUBLIKA.CO.ID, KATINGAN--Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengunjungi posko pengungsian korban terdampak banjir di Desa Telangka, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin (7/9) dini hari. 

Gubernur didampingi sejumlah Kepala Perangkat Daerah (KPD) Provinsi Kalteng.  "Kedatangan saya dan rombongan disini untuk memastikan secara langsung penanganan terhadap masyarakat yang terdampak banjir, mulai dari proses evakuasi, bantuan kepada masyarakat, logistik untuk pengungsi, dan tenda-tenda pengungsi terkelola dengan baik”, kata Sugianto Sabran.

Gubernur beserta rombongan berkeliling untuk melihat tenda  pengungsian, posko kesehatan, dapur umum dan tempat penjernihan air. Sugianto  ingin memastikan bahwa evakuasi dan pertolongan yang diberikan kepada warga terdampak banjir telah berjalan dengan baik. Ia meminta jajaran Pemprov Kalteng yakni Kepala Perangkat Daerah untuk membantu korban banjir serta memastikan seluruh bantuan tepat sasaran.

photo
Tampka uang tunai yang dibagikan ke warga di posko pengungsian. (dok istimewa)
 

Ditengah-tengah peninjauan Gubernur langsung bercengkrama dengan masyarakat. Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini memberikan bantuan pribadi berupa uang tunai untuk masyarakat di posko pengungsian Desa Telangka.

Usai meninjau posko pengungsian banjir di Desa Telangka, Gubernur beserta seluruh rombongan melanjutkan peninjauan ke pengungsian banjir di Posko Kereng Pangi dan  Desa Banut Kalanaman  Katingan. 

Hal sama yang dilakukan Gubernur, mulai dari pengecekan sarana dan prasarana di posko hingga meluangkan waktu untuk menemui para pengungsi guna memberikan dukungan moral.

Menurut Gubernur, banjir di Katingan eskalasinya cukup besar, oleh sebab itu bantuan Pemprov Kalteng akan segera disalurkan berdasarkan pemetaan yang cermat.‘’Bantuan akan menyesuaikan eskalasi bencana di masing-masing wilayah, agar bantuan benar-benar tepat sasaran dan bermanfaat", kata Sugianto.

Sugianto juga menyampaikan kepada warga untuk tetap bersabar dalam menghadapi cobaan bencana ini, serta mengingatkan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan.  Pada kunjungaan ke sejumlah lokasi banjir,  Gubernur menyerahkan bantuan untuk korban banjir yang ada di posko berupa beras, paket sembako, vitamin, obat-obatan serta bantuan pribadi Gubernur berupa uang tunai.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA