Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Warga Inggris dan AS Lebih Suka TikTok Dibanding YouTube?

Selasa 07 Sep 2021 14:15 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

(Foto: ilustrasi aplikasi TikTok)

(Foto: ilustrasi aplikasi TikTok)

Foto: Pixabay
Pengguna TikTok menghabiskan waktu lebih banyak dibandingkan Youtube.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suka atau tidak, TikTok kini menjadi aplikasi yang sangat populer. Banyak selebritas menggunakan aplikasi ini.

Data baru menunjukkan aplikasi berbagi video ini telah menggantikan YouTube di Inggris dan Amerika. Menurut penelitian dari App Annie, pengguna di Inggris dan Amerika Serikat sekarang menghabiskan lebih banyak waktu menonton video TikTok daripada di Youtube, platform milik Google tersebut. Data ini diperoleh dari pengguna Android.

Baca Juga

YouTube masih memiliki pengguna rata-rata bulanan yang jauh lebih banyak (diperkirakan dua miliar), dibandingkan dengan 700 juta yang dikumpulkan oleh TikTok. Namun, pengguna TikTok memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dan menghabiskan lebih banyak waktu dalam aplikasi daripada YouTube.

App Annie mengatakan TikTok telah mengubah streaming dan lanskap sosial. Data baru pada Senin (6/9) ini dapat menjelaskan mengapa YouTube telah mengintegrasikan YouTube Shorts seperti TikTok.

Menurut laporan baru di The Evolution of Social Media Apps, Senin (6/9), perlu dicatat bahwa dominasi hanya akun untuk pengguna Android.

“YouTube masih memimpin TikTok dalam keseluruhan waktu yang dihabiskan, termasuk di Inggris,” kata Jamie MacEwan dari Enders Analysis, kepada BBC, dilansir dari Trusted and Reviews, Selasa (7/9).

“Pemirsa massal YouTube berarti semakin banyak demografi pengguna internet yang relatif ringan... itu hanya menjangkau semua orang yang online,” ujarnya.

Namun, aplikasi itu tidak harus ditonton lama dibandingkan dengan media sosial lainnya. “Sekarang kita tahu bahwa di AS dan Inggris, TikTok telah berhasil mengejar YouTube, dan terhuyung di Facebook.... itu adalah persetujuan besar,” katanya.

Di tempat lain dalam laporan itu, App Annie mengatakan 548 miliar jam telah dihabiskan untuk streaming langsung di aplikasi seperti Instagram, Twitch, Facebook dan TikTok tahun ini saja.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA