Selasa 07 Sep 2021 13:15 WIB

Astronaut Libur Setengah Hari di Peringatan Hari Buruh

Kru astronaut di ISS biasanya tetap melakukan penelitian meski hari libur nasional.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Stasiun Luar Angkasa (Ilustrasi)
Foto: AP
Stasiun Luar Angkasa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para astronaut Badan Antariksa Amerika (NASA) di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) hanya akan menikmati setengah hari libur pada Hari Buruh Amerika yang jatuh pada 6 September. Sementara sebagian besar pekerja di seluruh AS sedang menikmati hari libur nasional.

Tiga astronaut NASA di laboratorium yang mengorbit yaitu Mark Vande Hei, Shane Kimbrough dan Megan McArthur memiliki beberapa tugas sains dalam jadwal mereka. 

 

"Saat ini sepertinya kru memiliki setengah hari libur pada hari Senin," kata juru bicara NASA Dan Huot dilansir dari Space pada Selasa (7/9). 

 

 

Awak Ekspedisi 65 baru saja menerima pengiriman baru peralatan sains dan kargo lainnya minggu lalu dengan kedatangan misi pasokan kargo Dargon CRS-23 SpaceX. Bersamaan dengan investigasi ilmu tulang, tanaman, dan material, para astronot juga menerima suguhan khusus dengan pengiriman kargo SpaceX yaitu kiriman es krim. 

 

Saat ini ada tujuh awak internasional yang tinggal dan bekerja di ISS. Bersama dengan tiga astronot AS, kru Ekspedisi 65 termasuk kosmonot Oleg Novitskiy dan Pyotr Dubrov dari badan antariksa Rusia Roscosmos, astronot Badan Eksplorasi Antariksa Jepang (JAXA) Akihiko Hoshide, dan astronot Prancis Thomas Pesquet dari Badan Antariksa Eropa. 

 

Vande Hei, Dubrov dan Novitskiy tiba di stasiun luar angkasa pada 9 April dalam misi Soyuz MS-18 Rusia. Sekitar dua minggu kemudian, Kimbrough, McArthur, Pesquet, dan Hoshide tiba di SpaceX's Crew Dragon Endeavour dengan misi Crew-2. 

 

Crew Dragon diperkirakan akan kembali ke Bumi dengan kru empat orang yang sama pada bulan November. Vande Hei dan Dubrov diperkirakan akan tetap berada di stasiun sampai Maret 2022. Dua kursi mereka di pesawat ruang angkasa Soyuz MS-18 yang kembali bulan depan akan diisi oleh pembuat film Rusia Kim Shipenko dan Yulia Peresild, yang akan meluncurkan misi selama dua pekan ke ISS pada 5 Oktober.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement