Selasa 07 Sep 2021 13:00 WIB

Jokowi Resmikan Bendungan Bendo di Ponorogo

Bendungan ini akan menyediakan air irigasi untuk 7.800 hektare sawah.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Fakhruddin
Jokowi Resmikan Bendungan Bendo di Ponorogo (ilustrasi).
Foto: Antara/Siswowidodo
Jokowi Resmikan Bendungan Bendo di Ponorogo (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur pada Selasa (7/9) siang ini. Bendungan yang dibangun dengan biaya Rp 1,1 triliun dan memiliki kapasitas sebesar 43 juta meter kubik serta luas genangan sebesar 170 hektare ini telah siap difungsikan.

"Alhamdulillah pada siang hari ini Bendungan Bendo sudah selesai, sudah rampung, dan siap difungsikan," kata Jokowi saat meresmikan Bendungan Bendo.

Jokowi mengatakan, bendungan ini akan menyediakan air irigasi untuk 7.800 hektare sawah, sebagai pasokan air baku sebesar 370 liter per detik, serta mampu mengurangi banjir hingga 31 persen atau sebesar 117,4 meter kubik per detik.

Ia melanjutkan, pada tahun ini sebanyak 17 bendungan di berbagai daerah telah dan akan diselesaikan. Yakni Bendungan Tukul di Pacitan, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, Bendungan Napun Gete di NTT, Bendungan Sindang Heula di Banten, Bendungan Kuningan, Bendungan Way Sekampung di Lampung, dan Bendungan Bendo di Ponorogo. Bendungan-bendungan tersebut yang telah diresmikan sejak awal tahun ini.

 

Selanjutnya bendungan yang rencananya akan diresmikan hingga akhir tahun ini yakni Bendungan Paselloreng di Sulawesi Selatan yang akan diresmikan pada minggu ini. Selain itu masih ada Bendungan Karalloe, Bendungan Ladongi, Bendungan Bintang Bano, Bendungan Ciawi, Bendungan Sukamahi, Bendungan Tugu, Bendungan Gongseng, Bendungan Pidekso, dan Bendungan Margatiga.  

Ia berharap, pembangunan 17 bendungan pada tahun ini akan membantu meningkatkan produktivitas pertanian di berbagai daerah.

"Jadi sekali lagi di tahun 2021 ini telah dan akan diselesaikan 17 bendungan. Artinya nanti produktivitas di bidang pertanian akan ketambahan air, pasokan air dan kita harapkan itu akan meningkatkan produktivitas dari para petani-petani kita," kata Jokowi.

Presiden pun berpesan agar Bendungan Bendo yang telah diresmikan siang hari ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan disalurkan dengan seluruh jaringan irigasi yang ada. Sehingga masyarakat, khususnya para petani mampu meningkatkan produktivitas pertaniannya.

"Dengan mengucap bismillah Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur siang hari ini saya nyatakan diresmikan," kata Presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement