Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Nagelsmann: Pemain Barcelona akan Lebih Bebas tanpa Messi

Selasa 07 Sep 2021 10:37 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Bayern Muenchen Julian Nagelsmann.

Pelatih Bayern Muenchen Julian Nagelsmann.

Foto: EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL
Barca akan tampil lebih bebas karena tak menggantungkan diri pada satu sosok pemain.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Bayern Muenchen akan bertandang ke markas Barcelona di partai pembuka Liga Champions, 14 September 2021 mendatang. Hal ini membuat pelatih Bayern Muenchen, Julian Nagelsmann, optimistis sekaligus lebih mewaspadai lawan.

Pasalnya, ini merupakan musim pertama Barcelona tak diperkuat Lionel Messi selama hampir dua dekade terakhir. Meski tak ada lagi sosok mengerikan di lini depan La Blaugrana, Nagelsmann enggan meremehkan performa sang lawan.

Bahkan, menurut Nagelsmann, pemain Barcelona akan tampil lebih bebas karena tidak perlu menggantungkan diri pada satu sosok tertentu.

"Pemain hebat sudah pergi, salah satu orang yang menjadi penentu selama bertahun-tahun. Messi sangat berpengaruh di dalam dan di luar lapangan, termasuk di ruang ganti," kata Nagelsmann seperti dilansir Marca, Selasa (7/9). "Dia juga berdampak pada tim secara organisasi. Sehingga saat ini, para pemain bisa lebih bebas dan posisi yang kosong bisa terisi."

Menurut Nagelsmann, setiap tim akan lebih baik dengan kehadiran seorang Mesi. Ia berharap pemain berusia 34 tahun itu bisa meraih kesuksesan di klub baru. Akan tetapi, ia juga akan mewaspadai tim yang tidak diperkuat Messi.

Nagelsmann memuji sikap Barcelona dalam menyelesaikan persoalan dengan Messi. Ia tidak sabar ingin segera bertandang ke Camp Nou untuk pertama kalinya sebagai juru taktik Die Roten.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA