Selasa 07 Sep 2021 04:28 WIB

Mengenal 'Imam Bersepeda'

Imam bersepeda telah menempuh jarak ribuan mil.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Bersepeda (ilustrasi)
Foto: Piqsels
Bersepeda (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  OLDHAM -- Seorang pria yang dijuluki 'Cycling Imam' (Imam Bersepeda) telah menempuh lebih dari 4.000 mil selama sepuluh bulan terakhir dengan sepedanya. Dia adalah Mawlana Atiqur Rahman (29) lahir di Oldham, Inggris dan merupakan ayah dari dua anak yang belajar selama tujuh tahun untuk memenuhi syarat sebagai Imam.

Dia lulus dari perguruan tinggi Islam pada 2017 lalu. Rahman merupakan pemimpin agama di Masjid Jalalabad yang didirikan 40 tahun lalu, dan dia juga Imam berbahasa Inggris pertama yang dipekerjakan di sana.

Baca Juga

"Pada Agustus 2020 saya menimbang diri saya dan terkejut menemukan bahwa saya menimbang 17 batu. Saya besar dan pada dasarnya gemuk," kata Rahman dilansir dari laman Asian Image pada Senin (6/9).

"Saya tidak percaya bahwa saya telah menambah begitu banyak berat badan. Saya pergi mendaki amal dengan sekelompok teman dan berjuang begitu banyak, itu adalah kenyataan bagi saya ketika saya menyadari bagaimana saya telah mengabaikan diri saya sendiri," lanjutnya.

Pada awalnya Rahman menyadari harus mengubah gaya hidupnya. Untuk itu imam ini pergi membeli sepeda bekas. Latihan pertama, ia hanya sanggup mengayuh sepeda selama 15 menit. Sementara selama satu jam itu dianggap begitu memberatkan.

"Saya perlahan-lahan masuk ke dalamnya dan perjalanan amal resmi pertama saya adalah dari Oldham ke Rochdale dan kembali sekitar 12 mil dan saya membuat keputusan untuk bersepeda lebih banyak dan melakukan lebih banyak aktivitas. Saya berhasil mendapatkan beberapa orang untuk bergabung dengan saya dan dalam sebulan saya kehilangan satu batu," kata Rahman.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement