Selasa 07 Sep 2021 05:00 WIB

Berapa Jumlah Kata Ampunan dalam Alquran?

Tindakan mengampuni adalah perbuatan terpuji di dalam Alquran.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Berapa Jumlah Kata Ampunan dalam Alquran?. Foto: Alquran (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Berapa Jumlah Kata Ampunan dalam Alquran?. Foto: Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Ustadzah Ammena Blake asal Inggris menulis sebuah artikel di aboutislam.net bahwa mengampuni atau memaafkan merupakan perbuatan baik kepada orang lain.

Orang yang mampu mengampuni  berarti memiliki jiwa yang kuat dan hati yang murni. Allah memanggil kita untuk memaafkan mereka yang menyakiti apa pun yang terjadi.

Baca Juga

Mengampuni orang adalah salah satu dari tiga tindakan yang Allah puji dalam Al-Qur'an.

Allah menyebutkan ampunan-Nya sekitar 200 kali. Ini jumlah yang sangat besar dibandingkan misalnya dengan laki-laki yang disebutkan sebanyak 23 kali dan perempuan sebanyak 23 kali. Tapi ampunan serta nama Allah Al Ghafur disebutkan sekitar 200 kali.

Seperti dalam surat Al Imran ayat 134,

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

"(yaitu) orang-orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan."

Dalam ayat tersebut Allah mencintai perbuatan baik diantaranya berinfak, menahan amarah dan mengampuni orang lain. Mengampuni juga adalah sunnah Nabi Muhammad. Sehingga akan ada puluhan alasan lain agar kita mengampuni dan memaafkan orang lain yang berbuat salah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement