Senin 06 Sep 2021 14:56 WIB

ABBA Rilis Album Baru Setelah 40 Tahun

ABBA akan merilis album terbarunya setelah 40 tahun pada November mendatang.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
ABBA akan merilis album terbarunya setelah 40 tahun pada November mendatang.
Foto: Wikimedia
ABBA akan merilis album terbarunya setelah 40 tahun pada November mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ABBA kembali merilis album baru setelah empat dekade tidak lagi aktif. Album diluncurkan bersamaan dengan pertunjukan konser yang akan dilakukan oleh kuartet “Dancing Queen” itu secara digital. ABBA akan mulai dengan konser virtualnya di London pada 27 Mei 2022 mendatang.

Album yang akan datang bertajuk ‘Voyage’, akan dirilis pada 5 November yang dikembangkan dari album ‘The Visitor’ 1981. Hingga saat ini, 'The Visitor' menjadi karya terbaik dari supergrup asal Swedia itu.

Baca Juga

"Kami beristirahat pada musim semi 1982 dan sekarang kami memutuskan sudah waktunya untuk mengakhirinya," kata ABBA dalam sebuah pernyataan, dilansir dari APnews, Senin (6/9).

“Mereka mengatakan sangat bodoh untuk menunggu lebih dari 40 tahun di antara album yang sudah ada, jadi kami telah merekam kelanjutan dari ‘The Visitor’,” lanjut ABBA.

Grup ini telah membuat pertunjukan live dengan perusahaan efek Industrial Light & Magic, George Lucas. Mereka mengatakan, versi virtual dari diri mereka sendiri sangat luar biasa dan melampaui hologram.

Baca juga : Jokowi Akan Hadiri Malam Anugerah FFI 2021

“Sempat ada saran kepada kami untuk bisa melakukan tur dalam bentuk hologram. Dan itu sudah dilakukan empat atau lima tahun lalu,” ungkap gitaris dan penulis lagu ABBA yang kini berusia 76 tahun, Björn Ulvaeus.

“Itu tidak mungkin karena hologram adalah teknologi lama, tapi maksud saya, visinya adalah memiliki diri kami dalam versi digital, itu mungkin saja,” katanya lagi.

Mereka bernyanyi dan bermain bersama selama berjam-jam setiap hari selama beberapa pekan, menggunakan motion capture dan teknik lain untuk menciptakan 22 lagu, sekitar 90 menit pertunjukan. Acara live virtual yang sudah direncanakan itu mendorong pembuatan album, yang menampilkan lagu-lagu baru "I Still Have Faith In You" dan "Don't Shut Me Down".

“Sangat menyenangkan bisa bersama di studio lagi, kami berempat,” kata komposer ABBA, Benny Andersson.

Musik mereka tetap ada di mana-mana dalam beberapa dekade sejak perpisahannya. ABBA juga masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 2010. Pekan lalu, grup tersebut meluncurkan situs web dengan judul ‘ABBA Voyage’ memberi pengumuman baru dan menjual tiket.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement