Senin 06 Sep 2021 12:09 WIB

Anggota DPR Usul Gunung Sanggabuana Jadi Taman Nasional

Kawasan Gunung Sanggabuana memiliki keanekaragaman satwa yang harus dilindungi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Ketua Komisi IV DPR, Dedi Mulyadi mengusulkan Gunung Sanggabuana menjadi taman nasional.
Foto: dok. Pribadi
Wakil Ketua Komisi IV DPR, Dedi Mulyadi mengusulkan Gunung Sanggabuana menjadi taman nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Wakil Ketua Komisi IV DPR, Dedi Mulyadi menyatakan, pihaknya sedang mengusulkan agar kawasan Gunung Sanggabuana yang berada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menjadi taman nasional.

"Usulan kawasan Gunung Sanggabuana itu menjadi taman nasional bertujuan agar seluruh areal Gunung Sanggabuana mendapat perlindungan dari negara," kata Dedi melalui sambungan telepon seluler di Kabupaten Karawang, Senin (6/9).

Dia menyampaikan, keberadaan Gunung Sanggabuana itu merupakan satu kesatuan dengan Gunung Halimun, berangkat dari riwayat kepemimpinan Pajajaran. "Ada nilai-nilai konservasinya. Bahkan Gunung Sanggabuana menjadi benteng konservasi," kata mantan bupati Purwakarta tersebut.

Dia mengatakan, kawasan Gunung Sanggabuana itu memiliki keanekaragaman satwa dan tumbuh-tumbuhan yang harus dilindungi dan dijaga dengan baik. Apalagi, sambung dia, Gunung Sanggabuana memiliki kenekaragaman satwa dan tumbuh-tumbuhan yang unik.

Harus diakui, kata Dedi, di kawasan Gunung Sanggabuana perlu dilakukan peremajaan pepohonan agar suasana di kawasan tersebut tidak terlampau panas. Dia menyebut, sebagai benteng konservasi di wilayah Jawa Barat, kawasan Gunung Sanggabuana harus dilindungi dan diselamatkan dari berbagai jenis kerusakan hutan dan aneka pembangunan.

Baca juga : Anggota Taliban Dilaporkan Tembak Polwan yang Sedang Hamil

"Saya sudah mengusulkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar kawasan Gunung Sanggabuana jadi Taman Nasional," kata Dedi.

Jika usulan tersebut disepakati, kata dia, nantinya seluruh areal di kawasan Gunung Sanggabuana akan mendapat perlindungan dari negara. Seiring dengan itu, keberadaan satwa dan tumbuhan serta lahan konservasi yang ada di kawasan itu bisa terlindungi dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement