Senin 06 Sep 2021 08:16 WIB

Bupati Optimistis Kabupaten Bogor Kembali Raih IGA 2021

Kabupaten Bogor sementara menduduki urutan keempat kabupaten inovatif di Indonesia.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin optimistis, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2021. Hingga awal September 2021, nilai indeks hasil pengukuran mandiri Kabupaten Bogor sebesar 79,69, yang memiliki 198 inovasi.

"Ini bukan semata-mata mengejar hadiah, melainkan kami ingin mengejar bagaimana Kabupaten Bogor bisa berinovasi sebagai kabupaten maju dan bisa setara dengan daerah yang lebih dahulu mendapatkan IGA," kata Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad (5/9).

Capaian tersebut, menurut dia, membuat Kabupaten Bogor ada di peringkat keempat dari 360 kabupaten, atau peringkat keenam dari seluruh kota/kabupaten di Indonesia. Peringkat pertama hingga ketiga saat ini, diduduki Kabupaten Wonogiri, Sumenep, dan Tegal.

"Padahal, jika dilihat dari potensi, Kabupaten Bogor tertinggi potensinya dengan jumlah penduduk, luas wilayah, kuantitas, maupun kualitasnya," kata Ade. Soal progres pengumpulan data inovasi daerah, sambung dia, hingga kini baru terkumpul lengkap dari sembilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), 15 kecamatan, satu rumah sakit umum daerah (RSUD), dan 49 puskesmas.

 

"Yang belum lengkap ada 13 SKPD, delapan kecamatan, satu RSUD, dan 10 puskesmas. Sementara itu, yang tidak mengirimkan dokumen sama sekali, yaitu 11 SKPD, 17 kecamatan, dua RSUD, dan 44 puskesmas," kata Ade.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menetapkan Kabupaten Bogor sebagai kabupaten terinovatif dalam kegiatan IGA 2020 di Jakarta pada 18 Desember 2020. Kabupaten Bogor masuk dalam urutan tiga teratas dari 10 kabupaten terinovatif se-Indonesia, atau di bawah Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Wonogiri yang berada di urutan pertama dan kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement