Ahad 05 Sep 2021 20:14 WIB

Cara Migrasi Riwayat Obrolan dari iOS ke Ponsel Android

Fitur migrasi sementara baru tersedia untuk model Samsung dengan Android 10.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Whatsapp
Foto: Pixabay
Whatsapp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WhatsApp akhirnya meluncurkan kemungkinan pengguna mentransfer riwayat obrolan dari iPhone ke perangkat Android. Sebagai permulaan, WhatsApp meluncurkan kemungkinan mentransfer data ke ponsel Samsung.

WhatsApp mengatakan saat ini salah satu fitur yang paling banyak diminta pengguna adalah kemungkinan untuk mentransfer riwayat obrolan dari satu sistem operasi ke sistem operasi lain saat berpindah telepon.

Baca Juga

"Kami telah bekerja keras dengan sistem operasi dan produsen perangkat untuk membangunnya dengan cara yang aman dan andal. Kami senang untuk mulai meluncurkan kemampuan memindahkan riwayat WhatsApp Anda dari iOS ke Android. Ini terjadi tanpa pesan Anda dikirim ke WhatsApp dalam proses dan termasuk pesan suara, foto dan video.”

Meskipun sekarang pengguna dapat mentransfer riwayat obrolan, fitur tersebut tidak tersedia untuk semua ponsel Android saat ini. Fitur ini awalnya akan tersedia di perangkat Samsung yang menjalankan Android 10 atau lebih tinggi.

Selanjutnya, fitur akan segera tersedia di lebih banyak perangkat Android. Pengguna akan memerlukan kabel USB-C ke Lightning untuk mentransfer data dari iPhone ke ponsel Samsung.

Dilansir dari India Today, Ahad (5/9) , seperti yang disebutkan sebelumnya, WhatsApp hanya meluncurkan kemungkinan untuk mentransfer obrolan dari iPhone ke ponsel Samsung, Anda memerlukan aplikasi Samsung SmartSwitch versi 3.7.22.1 atau lebih tinggi yang diinstal pada perangkat baru Anda. Bersamaan dengan itu, Anda juga harus memperbarui aplikasi WhatsApp iOS untuk melakukan transfer.

Inilah cara supaya dapat memigrasikan obrolan dari iPhone ke ponsel Android.

  1. Nyalakan ponsel Samsung baru Anda dan sambungkan dengan kabel ke iPhone Anda saat diminta.
  2. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi Samsung Smart Switch untuk mentransfer data.
  3. Anda akan diminta untuk memindai kode QR yang ditampilkan di perangkat baru menggunakan kamera iPhone.
  4. Ketuk Mulai di iPhone Anda dan tunggu prosesnya selesai.
  5. Anda dapat melanjutkan pengaturan perangkat Samsung Anda.
  6. Setelah pengaturan, buka WhatsApp dan masuk menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan pada perangkat lama Anda.
  7. Ketuk tombol Impor saat Anda diminta dan biarkan perangkat menyelesaikan prosesnya. Kedelapan, aktifkan perangkat baru Anda untuk melihat obrolan.

Penting untuk dicatat bahwa ponsel lama Anda akan tetap menyimpan data Anda selama yang Anda inginkan. Obrolan dan data dienkripsi, sehingga WhatsApp tidak akan dapat mengaksesnya di kedua perangkat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement